Pilkades Serentak di Buteng Berjalan Lancar, Ini 35 Cakades Terpilih – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Pilkades Serentak di Buteng Berjalan Lancar, Ini 35 Cakades Terpilih

PILKADES: Suasana pemungutan suara Pilkades di Desa Baruta Lestari, Kecamatan Sangia Wambulu, kemarin. FOTO: FAUZI/BUTON POS

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak di 35 desa di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) berlangsung aman dan lancar, Kamis (10/10/2019). Mulai dari pemungutan suara pagi hingga penghitungan suara sore sampai malam tidak ada kendala.

“Alhamdulillah pelaksanaan Pilkades serentak di 35 desa hari ini berjalan aman dan lancar. Sampai malam ini, belum ada laporan yang masuk ke panitia kalau ada kendala,” ungkap Ketua Panitia Pilkades Serentak Buteng, Armin, dihubungi via teleponnya, semalam.

Kondisi ini, kata dia, tidak terlepas dari kerja sama semua pihak yang terlibat, mulai dari pemerintah kabupaten, kecamatan, desa, panitia, pengawas, pihak keamanan TNI/Polri, para calon kades, dan masyarakat pemilih. “Alhamdulillah, semua pihak ikut mensukseskan penyelenggaraan Pilkades serentak 2019 di Buteng,” tukasnya.

Plt Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Buteng ini menambahkan, pasca penghitungan suara dilakukan, maka Panitia Pilkades di desa langsung merekap hasilnya dan membuat pelaporan untuk disampaikan kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) masing-masing.

“Kalau kotak suaranya, setelah penghitungan suara langsung diamankan dan dibawa ke sekretariat panitia kabupaten di Dinas PMD dengan pengawalan ketat dari pihak keamanan TNI/Polri,” terang Armin.

Sesuai tahapan Pilkades Buteng, setelah penghitungan hasil perolehan suara panitia kabupaten akan membuka penerimaan pengaduan atau sengketa hasil pemilihan selama tiga hari, 11-13 Oktober. Jika ada aduan, panitia menyiapkan waktu tiga hari untuk menyelesaikannya, 14-16 Oktober.

Selanjutnya, tahapan penetapan yang dimulai dengan Pantia Pilkades menyampaikan laporan hasil Pilkades kepada BPD dengan rentan waktu tiga hari (17-19 Oktober). Selanjutnya, BPD menyampaikan calon Kades terpilih berdasarkan suara terbanyak kepada bupati melalui camat dengan tembusan kepada kepala desa (20-22 Oktober).

Kemudian bupati menetapkan pengesahan dan pengangakatan kepala desa dengan keputusan bupati (22-28 Oktober). “Untuk pelantikannya nanti menyesuaikan dan menjadi kewenangan bupati, kapan dan dimana tempatnya. Pastinya, tidak lewat dari 31 Desenber 2019,” pungkas Armin.(uzi)

Berikut 35 Cakades terpilih pada Pilkades serentak Kabupaten Buteng 2019:

1. Kecamatan Sangia Wambulu, diikuti dua desa.
Desa Doda Bahari (Abdul Hanis Anto) dan Desa Baruta Lestari (H Zariun)

2. Kecamatan Gu, diikuti tiga desa
Desa Kamama (Ismail), Desa Lowu-Lowu (Karim Wedo), dan Desa Lakapera (La Owo Maksimus)

3. Kecamatan Lakudo, diikuti delapan desa
Desa One Waara (Ismail), Desa Madongka (Haryanto), Desa Nepa Mekar (Sofyan Hadi), Desa Wongko Lakudo (La Juma), Desa Teluk Lasongko (La Ode Basiru), Desa Moko (La Upa), Desa Wajo Gu (La Ndiru), dan Desa Metere (Nasir Mpohele)

4. Kecamatan Mawangka Timur (Mastim), hanya diikuti satu desa yakni Desa Wambuloli, dimenangkan Cakades penantang (La Indo)

5. Kecamatan Mawasangka Tengah (Masteng), diikuti lima desa.
Desa Morikana (Rusdin) Desa Katukobari (Muh. Amrin), Desa Lantongau (Amaludin), Desa Watorumbe Bata (Diman Bura), Desa Gundu-Gundu (Zaabu)

6. Kecamatan Mawasangka, diikuti 12 desa.
Desa Gumanano (Halidun), Desa Wakambangura I (Muh Maidin), Desa Wakambangura II (Ali Yasin), Desa Napa (Abdul Azis Ansar), Desa Balobone (La Sabadia), Desa Wasilomata I (Sidali), Desa Banga (Rusani), Desa Polindu (Sinakarya), Desa Tanailandu (Rafiudin), Desa Kanapanapa (Marzuki), Desa Air Bajo (Yusma), dan Desa Terapung (Pamarudin).

7. Kecamatan Talaga Raya, diikuti empat desa.
Desa Kokoe (H Baso), Desa Liwulompona (Irwan Syahwawan), Desa Wulu (Masran), dan Desa Pangilia (Alimuddin).



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top