Pinjaman Pemkab Muna Terancam Dipotong Rp 5 Miliar – Buton Pos
Metro Baubau

Pinjaman Pemkab Muna Terancam Dipotong Rp 5 Miliar

BUTONPOS.COM, MUNA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mulai memberi lampu hijau terhadap usulan Pinjaman Pemkab Muna di bank sebesar Rp 96 miliar. Kementerian yang dipimpin Tjahjo Kumolo itu akan segera mengeluarkan rekomendasi apabila Pemkab telah menyesuaikan perhitungan rasio cakupan utang (Debt Service Coverage Ratio) pada PT SMI. Namun dari total usulan pinjaman itu akan dipotong sebesar Rp 5 miliar.

Bupati Muna, LM Rusman Emba tak mempersoalkan pemotongan itu. Malahan, Ia sangat bersyukur dengan disetujuinya pinjaman itu. Pasalnya, dana pinjaman itu akan digunakan untuk membiayai kebutuhan dasar masyarakat yang meliputi pembangunan pasar, air bersih dan jalan. “Kalau dipotong, terpaksa kita cut beberapa pekerjaan jalan dan drainase,” kata Rusman.

Antara Pemkab dan Kemendagri telah menyepakati usulan pinjman itu. Hanya saja, masih terdapat perbedaan sudut pandang pada perhitungan utang Pemkab pada PT SMI saat membangun Rumah Sakit (RS) modern diera Bupati, LM Baharuddin. Dari Pemkab, tidak ada masalah soal utang itu. Karena tahun ini akan dilunasi. Namun, pihak Kemendagri berasumsi lain soal jangka waktu pelunasan. Makanya akan dirumuskan untuk penyesuaianya. “Prinsipnya telah disepakati, tinggal dikoordinasikan kembali untuk mencari formulasinya,” tandasnya. (cr1)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top