PNS di Sultra Dilarang Lakukan Kampanye di Medsos – Buton Pos
Suara Sultra

PNS di Sultra Dilarang Lakukan Kampanye di Medsos

ilustrasi

BUTONPOS.COM, KENDARI — Tahapan pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra sudah ditabuh. Kontestasi untuk mencari calon pengganti duet Nur Alam dan Saleh Lasata sebagai gubernur dan wakil gubernur itu digelar Juni 2018. Jauh sebelum waktunya tiba, netralitas PNS lingkup Sultra sudah digaungkan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra, Lukman Abunawas.

Dia tak ingin ada aparaturnya yang terlibat politik praktis dalam suksesi Pilgub. Salah satunya ikut mengampanyekan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Apapun alasannya, PNS dilarang kampanye, termasuk di media sosial.

Lukman Abunawas mengatakan peraturan perundang-undangan sudah jelas diungkapkan larangan soal PNS yang terjun ke dunia politik sebelum menanggalkan seragamnya secara resmi. “Tidak boleh PNS berkampanye. Di facebook pun dilarang karena itu sudah masuk politik namanya,” ungkap Lukman Abunawas, kemarin (5/12).

Mantan Bupati Konawe dua periode yang disebut-sebut bakal tampil di kancah Pilgub itu tak menampik jika media sosial saat ini menjadi salah satu ruang alternatif baru untuk wadah dukung mendukung calon kepala daerah. Olehnya itu, komisi aparatur sipil negara (KASN) juga sudah menyosialisasikan aturan itu ke sejumlah daerah yang menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada). “Ada sanksinya. Sanksi ringan, sedang dan berat, makanya tidak usah kampanye kalau tidak mau kena sanksi,” ujar Ketua KONI Sultra itu.

Lebih lanjut kata Lukman Abunawas, PNS memang juga warga negara biasa yang punya “jagoan” dalam setiap kontestasi Pilkada. Namun, itu memiliki batasan-batasan yang perlu dipatuhi. “Kalau dalam keluarga itu sah-sah saja. Karena dia juga memilih. Tapi jangan masih berseragam PNS terus keliling kampanye, orasi diatas panggung itu dilarang keras,” katanya.(ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!