Potensi Jambu Mete dan Coklat Desa Lapodi Begitu Menjanjikan – Buton Pos
DESA BUTON

Potensi Jambu Mete dan Coklat Desa Lapodi Begitu Menjanjikan

kades lapodi, la Haina foto bersama staf desa

BUTONPOS.COM, LAPODI – Desa Lapodi, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara mengandalkan hasil pertanian dalam menumbuhkan roda perekonomian. Terdapat dua komoditi utama yang menonjol, yakni buah Jambu Mete dan Coklat.

“Di desa kami di Lapodi ini, hasil pertanian yang paling dominan adalah jambu dan coklat. Walaupun ada juga kemiri dan kopi,” kata Kepala Desa Lapodi, La Haina SPd MM ditemui wartawan butonpos.com di ruang kerjanya, Rabu (19/4/17).

Foto By, reps-id.com

Kata Kades bersahaja ini, berkat dua komoditi ini, banyak warganya berhasil menyekolahkan anak-anak mereka hingga ke perguruan tinggi.

Kondisi ini sejalan dengan jumlah produksi jambu mete dan kopi dalam setahun. Sebut saja jambu mete, dalam setahun Desa Lapodi mampu menghasilkan ratusan ton biji jambu mete. Sementara untuk biji coklat, desa ini mampu menghasilkan 30-40 ton. Nah, mengenai pangsa pasar, warga hanya menjualnya kepenampung, lalu tugas penampung memasarkan kembali ke Baubau.

“Jambu mete kalau betbuah betul, bisa ratusan ton pertauun, ada diatas 100 ton lebih. Kalau coklat bisa 30@40 ton,” bebernya.

Sayang, La Haina menjelaskan, terkadang buah jambu tidak begitu bagus.

“Kalau dia berbuah memang itu pohonnya sama dengan musim cengkeh. Tapi kadang, bunganya banyak, tiba-tiba mati bunganya. Jadi tinggal apa yang harus dikomunikasikan dengan pertanian, karena banyak bunga tapi tiba-tiba mati atau gugur,” tuturnya. (po4)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!