Prabowo-Sandi Kalah Tipis di TPS Tamrin dan Monianse – Buton Pos
Metro Baubau

Prabowo-Sandi Kalah Tipis di TPS Tamrin dan Monianse

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Pada Pemilu 2019 yang berlangsung Rabu (17/4) Wali Kota Baubau, AS Tamrin terdaftar di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01 Kelurahan Wale, Kecamatan Wolio. Sedangkan Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse terdaftar di TPS 01 Kelurahan Lanto, Kecamatan Batupoaro.

Di TPS wali kota dan wakil wali kota itu Pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno kalah tipis dari Capres dan Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Perhitungan perolehan suara Pemilihan Presiden (Pilpres) di dua TPS ini sekitar pukul 15.00 Wita. Angka yang tidak memilih alias Golput masih cukup tinggi.

Di TPS 01 Wale dari 243 Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 98 orang tidak menggunakan hak pilihnya. Pemilih yang menyalurkan hak pilih hanya 145 orang.

Dari jumlah tersebut yang memilih Prabowo-Sandi 64 suara dan Jokowi-Ma’ruf 80 suara serta satu suara dinyatakan tidak sah.

Sementara di TPS 07 Lanto, dari 273 DPT sebanyak 103 pemilih tidak menggunakan hak pilihnya. Berarti yang memilih hanya 170 orang. Dari jumlah tersebut Prabowo-Sandi meraup 81 suara dan Jokowi-Ma’ruf 89 suara.

“Saya berharap Pilpres kali ini berlangsung sesuai asas Pemilu yang Langsung Umum Bebas Rahasia (Luber), Jujur Adil (Jurdil) serta aman dan sukses,” ujar Tamrin dikonfirmasi usai mencoblos.

Wali Kota dua periode ini juga berharap kepada penyelenggara Pemilu serentak 2019 agar bekerja sesuai aturan. Sehingga bisa meminimalisasi protes peserta Pemilu.

“Kepada calon anggota legislatif yang terpilih nanti bisa menjadi wakil rakyat yang betul-betul berkualitas dan memperjuangkan kepentingan rakyat. Bisa menyatukan perbedaan bukan malah mempertajam perbedaan,” tandasnya.

Sekedar diketahui,
Tamrin sampai saat ini masih tercatat sebagai Ketua DPD Partai Anamat Nasional (PAN) Kota Baubau. Sedangkan, Ahmad Monianse merupakan Ketua DPC PDIP Kota Baubau.

Lain halnya di TPS 12 dan 13 Kelurahan Tomba Kecamatan Wolio, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menang telak.

Total perolehan pasangan calon nomor urut 02 di dua TPS yang berlokasi di area Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Baubau itu mencapai 299 suara. Angka ini jauh mengungguli kompetitornya Joko Widodo-Ma’ruf Amin yang hanya memperoleh total 139 suara.

Pemilih di TPS 12 ini Tomba ini terdiri dari (Napi) dan masyarakat kompleks sekitar Lapas Baubau. Pasangan Jokowi- Ma’aruf memperoleh 82 suara dan Prabowo-Sandi mendulang 160 suara.

Sedangkan di TPS 13 Tomba yang merupakan TPS untuk Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) yang konstituennya mayoritas pemilih pindahan seperti Napi, Prabowo-Sandi mendapatkan kepercayaan pemilih sebanyak 139 suara. Sedangkan, pasangan calon nomor urut 01 mengumpulkan 57 suara.

Menariknya, ada seorang Napi teroris dikurung di Lapas Baubau. Dia adalah Ikhsan Maulana. Pria yang diketahui merupakan informan jaringan Santoso Sulawesi Tengah dipindahkan dari Mako Brimob Kelapa Dua Depok ke Lapas Baubau pada pertengahan September 2017 lalu.

Hanya saja, Ikhsan Maulana tidak ikut menyalurkan hak suara alias absen pada Pemilu serentak 2019 ini.

“Dia tidak menggunakan pilihnya,” kata Kasubsi Registrasi Lapas Baubau, Fredy dihubungi wartawan.

Menurut dia, ketidakikutsertaan Ikhsan Maulana lebih didasari pada hal prinsip. Ikhsan Ismail masih dikategorikan orang yang radikal.

“Itu masalah ideologi. Sedangkan itu sudah mulai mempengaruhi orang,” ungkap Fredy. (exa)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top