PSSI Buteng Gelar Kursus Pelatih Berlisensi D – Butonpos
Suara Buton Tengah

PSSI Buteng Gelar Kursus Pelatih Berlisensi D

LATIHAN: Pelatih Jasman Harun berfoto dengan salah satu anak asuhnya usai melatih timnya di lapangan

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) mendapat kepercayaan menjadi panitia pelaksanaan kursus dan penataran kepada para pelatih sepak bola di empat provinsi untuk bisa mendapatkan lisensi D nasional.

Empat provinsi yang akan ikut dalam pelatihan ini yakni Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Sulawesi Tengah (Sulteng), Sulawesi Utara (Sulut), dan Sulawesi Tenggara (Sultra) yang akan dilaksanakan selama enam hari, 12-17 Oktober 2017 di Hotel Gulado, Kecamatan Lakudo, Kabupaten Buteng.

Ketua PSSI Kabupaten Buteng Kapten Inf (Purn) La Ntau melalui Sekretarisnya Jasman Harun mengatakan, kursus kepelatihan untuk mendapat lisensi D ini bertujuan untuk memberikan materi dasar dalam pelatihan sepak bola kepada para pelatih-pelatih muda di empat provinsi tersebut.

“Pesertanya maksimal 30 orang, yakni para pelatih sepak bola dari empat provinsi di Sulawesi. Ini menjadi kesyukuran bagi kita, karena PSSI pusat memberikan kesempatn pertama di Sultra yang dilaksanakan di Kabupaten Buteng,” ungkap Jasman Harun kepada Buton Pos, kemarin.

Jasman yang sudah mendapatkan lisensi C dan ditunjuk sebagai asisten instruktur dalam kursus pelatihan ini menerangkan, dalam pelatihan nanti para peserta akan mendapatkan materi dengan dua sesi pokok di Hotel Gulado dan satu tambahan berupa praktek di lapangan sepak bola J Wayong Lombe.

Diharapkan, para pelatih yang lulus dan mendapatkan lisensi D nantinya dapat memberikan materi yang benar kepada para pemain. Sebab, dasar sepak bola jika dilaksanakan dengan benar, maka kedepannya dapat menciptakan pemain-pemain handal.

“Semua pelatih di Indonesia bahkan dunia, belum bisa disebut pelatih kalau belum memiliki lisensi. Pelatih sepak bola sekarang harus memiliki lisensi, sebab kalau tidak ada itu tidak bisa bawa tim seperti di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov),” jelasnya.

Menurutnya, kursus kepelatihan yang dilaksanakan di Buteng saat ini untuk bisa mendapatkan lisensi D merupakan kesempatan bagi pelatih sepak bola di Sultra. Setelah mendapatkan lisensi D, bisa mengikuti lagi lisensi tahap selanjutnya yakni lisnesi C dan lisensi C AFC untuk bisa membawa timnya bertanding ke Liga 2.

Selanjutnya lisensi B AFC, lisensi A yang merupakan persyaratan masuk di Liga 1, hingga lisensi A AFC ke luar negeri.

“Contohnya seperti Persib Bandung, ketika dia juara nasional tiga tahun lalu tidak bisa ikut piala Asia di luar negeri karena pelatihnya masih berlisensi A nasional. Pelatihnya harus ikut lagi lisensi A AFC supaya timnya bisa ikut piala asia. Sehingga setelah itu, pelatihnya ikut pelatihan lisensi A AFC di Thailand,” jelasnya. (uzi)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top