PSU Bombana Clear 7 Juni – Buton Pos
Politik

PSU Bombana Clear 7 Juni

Bersama usai rapat koordinasi yang dipimpin langsung Gubernur Sultra Nur Alam

BUTONPOS.COM, BOMBANA – Gonjang-ganjing terkait kepastian hari pelaksanan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Pilkada Bombana akhirnya menemui titik terang. Hasil rapat bersama Gubernus Sultra, kemarin PSU dipastikan 7 Juni 2017. Dan Pemkab Bombana siap menggelontorkan anggaran sebesar Rp 1 miliar

Ikut dalam pertemuan tersebut KPU provinsi bersama KPU Kabupaten Bombana, pihak Bawaslu dan Panwaslu serta tim anggaran Pemerintah Kabupaten Bombana yang dipimpin langsung Pj Bupati Hj Siti Saleha bersama Sekda H Burhanuddin HS Noy.

Rapat yang digelar di Kota Kendari, kemarin itu, jadi titik terang kepastian pelaksanaan PSU Bombana. Padalah sebelumnya, agenda pemilihan bupati dan wakil bupati Bombana “ronde kedua” itu sempat terkatung-katung akibat Pemkab Bombana, belum juga memiliki kesiapan anggaran untuk PSU itu.

Saat dikonfirmasi, Sitti Saleha membenarkan keputusan rapat koordinasi bersama Nur Alam tersebut. “Iya tadi sudah kami gelar rapat bersama bahwa anggaran PSU sudah disepakati 1 miliar. Memang sejak awal kondisi keuangan daerah, hanya bisa sekitar itu. Dan di rapat tadi, pihak penyelenggara pun ikut menyepakatinya,” ujar Saleha usai mengikuti rapat, kemarin.

Saleha mengakui bahwa dana Rp 1 miliar tersebut, diambil dari biaya tidak terduga yang terplot dalam APBD Bombana 2017. Kadis Disperidag Provinsi Sultra ini ikut membenarkan bahwa dana itu akan dipersiapkan untuk pelaksanaan PSU. “Memang selama ini saya selalu sampaikan bahwa ada biaya tidak terduga 1 miliar. Dan dirapat tadi sudah kami rapat, memang itu diperuntukan untuk biaya PSU,” ujarnya.

Sebelumnya DPRD Bombana sudah membagi dana Rp 1 miliar itu dalam rapat koordinasi, Rabu (30/5) lalu, dengan pola 4-3-2-1. Dengan rincian KPU Rp 400 juta, Panwas Rp 300 juta, Polri Rp 200 juta, dan TNI Rp 100 juta.

Lalu bagaimana dengan penandatangan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) selaku dasar agar dana 1 miliar itu dapat digunakan oleh pihak penyelenggara dan unsur keamanan? Ketua KPU Bombana Arisman mengatakan NPHD bakal diteken Senin (5/6).

Prev1 of 2

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!