PSU Bombana, Panwas tak Temukan Pelanggaran – Butonpos
Politik

PSU Bombana, Panwas tak Temukan Pelanggaran

Suasana pemugutan suara ulang (PSU) di salah satu TPS pada Pilkada Bombana lalu

BUTONPOS.COM, BOMBANA – Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang digelar KPU Bombana dinilai sudah sesuai prosedural alias tanpa cacat Hukum. Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Bombana tidak menemukan adanya indikasi kecurangan atau kiat lain yang bertentangan dengan aturan pelaksanaan Pilkada.

“Terkait jalannya PSU Bombana (tanggal 7 dan 10 Juni lalu) tidak ada rekomendasi yang keluar dari Panwas,” singkat Hasdin Nompo, salah satu Komisioner Panwaslu Bombana melalui telepon selulernya.

Tanpa hadirnya rekomendasi Panwas tersebut mengindikasikan bahwa pelaksanan PSU yang digelar KPU Bombana murni dijalankan sesuai amanah konnstitusi Pilkada. “Tidak ada, tidak ada rekomendasi yang lahir dari kami,” kata Hasdin secara berulang

Meski Hasdin enggan menjabarkan makna tidak adanya rekomendasi itu, namun jawaban komisioner divisi penindakan pelangganan Pemilu ini dapat ditebak, bahwa pelaksanaan PSU Bombana bakal diterima, sebab pelaksanaannya tanpa dinodai adanya temuan pelanggaran dari pihak Pangawas Pemilu daerah.

Diketahui, hadirnya rekomendasi Panwas dalam sebuah Pilkada terbilang sakti. Berkaca pada Pilkada Bombana 15 Februari lalu, Pilkada Bombana terpaksa dilanjutkan dengan PSU untuk 7 TPS. Salah satu fakta penguat terjadinya PSU, akibat hadirnya sebuah rekomendasi dari Panwaslu.

Namun situasi itu, kini mulai berbeda. Jika sebelumnya Panwas mengeluarkan sebuah rekomendasi pasca pelaksanaan Pilkada 15 Februari lalu. Pasca PSU yang digelar 7 Juni untuk enam TPS dan 1 TPS pada 10 Juni 2017 lalu, Panwas tidak menelorkan rekomendasi.

Meski banyak sinyalemen yang menduga bahwa, peraih suara terbanyak di Pilkada Bombana 2017, H. Tafdil-Johan Salim bakal dinobatkan sebagai bupati dan wakil bupati Bombana untuk periode 2017- 2022. Namun kepastian itu masih menunggu palu dari putusan Mahkama Konstitusi (MK).

Seperti diberitakan sebelumnya, KPU Bombana sudah menggelar PSU sesuai perintah Mahkamah Konstitusi (MK) untuk 7 TPS di wilayah Kabupaten Bombana. Hasilnya, Pasangan Nomor urut 2, H. Tafdil dan Johan Salim unggul 30 suara atas Pasangan H. Kasra Jaru Munara-Man Arfah. Tafdil memperoleh 1.046. suara sementara Kasra hanya meraup 1.016 suara.

Prev1 of 2

BERITA POPULER

Enter ad code here
Enter ad code here
-DPRD-BAUBAU-HUT-RI-280x300.jpg" alt="" width="280" height="300" class="alignnone size-medium wp-image-212078" />

Copyright © 2016 Butonpos

To Top