PTSL 2018 Berakhir, Bupati Kolaka Bagikan Ratusan Sertifikat – Buton Pos
Suara Sultra

PTSL 2018 Berakhir, Bupati Kolaka Bagikan Ratusan Sertifikat

BUTONPOS.COM, KOLAKA – Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2018 untuk wilayah Kabupaten Kolaka telah berakhir. Berakhirnya program itu ditandai dengan penyerahan sertifikat tanah secara simbolis oleh Bupati Kolaka, Ahmad Safei kepada masyarakat pemilik lahan dalam sebuah seremoni di kawasan HKSN, Kelurahan Mangolo, Kecamatan Latambaga, Kamis (9/1).

Usai menyerahkan sertifikat, Ahmad Safei menjelaskan bahwa PTSL merupakan program yang sangat positif dan merupakan agenda besar pemerintah dalam mempercepat penerbitan sertifikat.

“Memang penerbitan sertifikat adalah hal biasa, tapi ini prosesnya lebih cepat, dan masyarakat yang punya tanah namun belum memiliki alas hak, maka ini merupakan kesempatan baik,” ujar Safei.

Di Kabupaten Kolaka, lanjut Safei, saat ini baru 60 ribuan lahan milik masyarakat yang telah dilengkapi sertifikat, dari total 165 ribu kepemilikan. Dengan fakta tersebut, pemerintah akan kembali memprogramkan PTSL pada 2019, dan masyarakat dihimbau kembali mendaftarkan lahan mereka.

“Tapi setelah memiliki alas hak, masyarakat yang selama ini belum membayar PBB (pajak bumi dan bangunan) saya himbau segera bayar, karena itulah bentuk partisipasi masyarakat dalam pembangunan,” tambah Safei.

Sebelumnya, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kolaka, Darmin menyatakan, khusus masyarakat di kawasan HKSN akan diberi serifikat sebanyak 390 sertifikat perumahan dan perkebunan, dan 1 sertifikat hibah masjid.

“BPN berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Kolaka yang mendukung penuh program PTSL. Terimakasih juga kepada masyarakat yang ikut membantu kami menyukseskan PTSL ini,” tututpnya. (m6)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top