Puluhan Mumi Kucing Ditemukan di Mesir – Buton Pos
Nasional

Puluhan Mumi Kucing Ditemukan di Mesir

BUTONPOS.COM – Puluhan mumi kucing dan koleksi langka mumi kumbang scarab berusia lebih dari 6.000 tahun, ditemukan di tujuh sarkofagus (peti mati terbuat dari batu), di sebuah situs di tepi kompleks piramida di Saqqara, selatan Kairo, Mesir.

Menteri Urusan Kepurbakalaan Mesir Khaled el-Enany mengatakan jika penemuan tersebut, dibuat oleh arkeologi Mesir selama penggalian yang dimulai pada bulan April lalu. Tiga dari makam-makam ini, kata el-Enany, telah digunakan untuk kucing, sementara salah satu dari empat sarkofagus lain yang ditemukan di situs itu, masih dalam kondisi tertutup.

Menurut Mohamed Youssef, direktur situs Saqqara itu, makam tersebut diperkirakan berasal dari Dinasti Kelima Kerajaan Lama dengan fasad dan pintu yang masih dalam keadaan utuh, menandakan isi yang masih belum tersentuh. Menurut Youssef, para ahli berencana untuk menjelajahinya dalam beberapa pekan mendatang.

Mostafa Waziri, kepala Dewan Tertinggi Kepurbakalaan Mesir, dalam sebuah kesempatan mengatakan, jika dalam penggalian itu, ditemukan juga mumi kumbang scarab pertama yang berasal dari kawasan tersebut.

Kedua mumi tersebut ditemukan di dalam sarkofagus batu kapur persegi panjang, dengan tutup berkubah yang dihiasi tiga scarabs yang dicat hitam, kata Mostafa Waziri. Beberapa koleksi laindari mumi scarab juga ditemukan dalam safkofagus yang lebih kecil.

“Scarab (yang dimumikan) adalah sesuatu yang sangat unik. Ini adalah hal yang sangat langka. Beberapa hari yang lalu, saat peti mati itu ditemukan, kondisinya (sarkofagus bergambar scarab itu) masih tersegel. Saya belum pernah mendengar tentang sarkofagus macam ini sebelumnya. ” kata Waziri, mengutip The Guardian (12/11).

Dan di antara lusinan mumi kucing yang ditemukan, terdapat 100 patung kucing yang terbuat dari bahan kayu dan satu lainnya berbahan perunggu, yang melambangkan dewi kucing, Bastet.

Di Mesik Kuno, kucing memiliki tempat yang spesial dan dimumikan sebagai persembahan religius. Selain mumi kucing, koleksi beberapa patung singa, sapi dan elang yang disepuh dengan kayu, juga ditemukan di situs yang sama.

Kementerian Negara Urusan Kepurbakalaan Mesir, dalam situs tersebut, juga berhasil menemukan beberapa barang antik seperti kobra yang terbuat dari bahan kayu dan sarkofagus buaya, beberapa koleksi patung emas yang bergambarkan fitur binatang, serta beberapa benda seperti jimat, botol kanopi, alat tulis dan keranjang papirus.

(ruf/fin)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top