Putri Anwar Ibrahim Mundur dari PKR – Buton Pos
Politik

Putri Anwar Ibrahim Mundur dari PKR

BUTONPOS.COM – Nurul Izzah membuat publik Malaysia terkejut. Senin siang (17/12) dia menyatakan mundur dari jabatannya sebagai Wakil Presiden Parti Keadilan Rakyat (PKR). Dia juga melepas jabatannya sebagai chairman PKR di Penang dan chairman Empowerment Committee pada Technical and Vocational Education and Training (TVET).

”Pekerjaan saya sebagai wakil rakyat Permatang Pauh dan legislator akan terus berlanjut hingga masa jabatan saya habis,” ujar putri Anwar Ibrahim tersebut seperti dikutip Channel News Asia. Politikus 38 tahun itu kini tidak punya jabatan di PKR. Dia hanyalah anggota biasa.

Di hadapan media, Nurul mengaku sudah mempertimbangkan keputusan itu masak-masak. Namun, dia enggan membeberkan alasan di balik keputusan tersebut. Ibu dua anak itu hanya menyatakan bahwa melepaskan jabatan bergengsi tersebut adalah langkah yang paling tepat.

Banyak yang menduga tokoh berjuluk Putri Reformasi itu tidak puas dengan koalisi Pakatan Harapan (PH) yang kini berkuasa di pemerintahan. Sebab, ada politisi UMNO yang menyeberang ke Parti Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM). Partai yang menjadi bagian dari koalisi PH itu diketuai Perdana Menteri (PM) Mahathir Mohamad.

Nurul, kabarnya, juga kecewa atas penunjukan mantan Inspektur Jenderal Polisi Abdul Rahim Noor sebagai fasilitator pembicaraan damai di wilayah selatan Thailand. Abdul adalah orang yang memukuli Anwar pada 20 September 1998. Saat itu Anwar mendekam di tahanan. Anwar dipukuli dalam kondisi tangan diborgol dan mata ditutup.

”Dia merasa bisa lebih vokal dan memperjuangkan janji-janji pemilu serta reformasi dengan melepas jabatan di partai,” ujar seorang kerabat dekat Nurul kepada The Straits Times.

(sha/c11/hep)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top