Rapat Anggaran Penanganan Covid-19 dengan DPRD, Pemkab Buteng Siapkan Rp 9 Miliar – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Rapat Anggaran Penanganan Covid-19 dengan DPRD, Pemkab Buteng Siapkan Rp 9 Miliar

H KOSTANTINUS BUKIDE, SH., M.

BUTONPOS.FAJAR.CO.ID, BUTON TENGAH- Keseriusan Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Pemkab Buteng) dalam mengantisipasi dan mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) atau virus corona tidak main-main. Tak tanggung-tanggung, daerah berjuluk negeri seribu gua yang dipimpin Samahuddin itu menyiapkan anggaran Rp 9 miliar untuk kebutuhan rumah sakit dan Puskesmas beserta Alat Pelindung Diri (APD) petugas kesehatan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buteng H Kostantinus Bukide, mengatakan anggaran Rp 9 miliar itu berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) setelah pihaknya merombak APBD 2020 yang sudah ditetapkan bersama DPRD, akhir 2019 lalu.

Kendati begitu, pemerintah pusat bersama DPR-RI memberikan “lampu hijau” bagi pemerintah daerah dan DPRD-nya untuk merombak APBD-nya dan mengalokasikan anggaran untuk penanganan virus corona karena situasinya yang mendesak dan dalam kondisi darurat, seusai peraturan yang berlaku misalnya peraturan menteri keuangan nomor 19 tahun 2020 dan Permendagri nomor 20 tahun 2020.

“Biasanya di DPRD ini ada tarik ulur kalau pembahasan anggaran. Tapi tadi bulat satu suara antara pemda dan dewan, dalam mendukung pergeseran anggaran untuk menangani atau mencegah penyebaran virus corana di Kabupaten Buteng,” beber Sekda usai mengikuti rapat bersama DPRD terkait pergeseran anggaran untuk penanganan virus corona di Kantor DPRD, Selasa (31/3/2020).

“Rencananya, kami (Pemkab Buteng, red) menyiapkan Rp 9 miliar untuk kebutuhan rumah sakit, puskesmas beserta APD-nya,” sambungnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Buteng, Bobi Ertanto, menuturkan eksekusi alokasi anggaran untuk penanganan virus corona ini tinggal menunggu hasil rapat internal Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Badan Anggaran (Banggar) DPRD.

“Saat ini, mereka (TAPD dan Banggar) akan melakukan rapat internal. Hasilnya nanti akan kita tindak lanjuti besok (Hari ini, red) sebagai keputusan bersama DPRD dan Pemkab Buteng,” singkatnya.(uzi)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top