Ratusan Anggota TNI/Polri, ASN dan Wartawan di Kolaka Jalani Rapid Test – Buton Pos
SUARA SULTRA

Ratusan Anggota TNI/Polri, ASN dan Wartawan di Kolaka Jalani Rapid Test

KOLAKA – Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka sejak Senin (4/5) lalu hingga beberapa hari kedepan mulai melaksanakan rapid test terhadap ratusan warga Kolaka.

Pada hari pertama dilakukan serentak dibeberapa puskesmas dengan menyasar anggota kepolisian, TNI dan tenaga kesehatan.

Hal itu dikemukakan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kolaka dr Muhammad Aris, Rabu (6/5).

“Sudah dimulai hari Senin kemarin di puskesmas-puskesmas juga dan hari ini kita gelar di dinas dengan prioritas mereka yang aktif di lapangan atau rawan terpapar,” ungkap Aris di kantor dinas kesehatan Kolaka.

Selain anggota TNI dan Polri serta tenaga kesehatan, para awak media, terutama wartawan juga diikutkan untuk menjalani rapid test.

Karena peralatan rapid test masih sangat terbatas, kata Aris, maka prioritas masih diberikan kepada mereka yang berprofesi tertentu.

“Didahulukan untuk para tim medis, polisi, tentara, petugas jaga termasuk wartawan juga, ada juga kalangan pemerintahan dan anggota DPRD,” tambahnya.

Dikatakan Aris, hingga kini peralatan rapid test yang dimiliki Dinas Kesehatan Kolaka belum sesuai jumlah yang dibutuhkan yakni 1945 dari 5000 yang direncanakan.

“Target kita 5.000 tapi yang ada baru 1945, dari jumlah itu seribu pesanan kita 880 bantuan PT Vale, dan 65 dari provinsi. Itu sudah digunakan,” ujarnya.

Terkait hasil rapid test, Aris berjanji akan merilis hasilnya setelah semua pemeriksaan dilakukan.

“Harus diingat bahwa rapid test bukan penentu utama negatif atau positif Covid, hanya memang kemungkinannya besar makanya setelah rapid test masih harus dilanjutkan dengan pemerikasan lanjutan swab jika ternyata hasilnya reaktif saat rapid test,” pungkasnya.

Sementara itu, dari ratusan orang yang telah menjalani uji rapid sejak Senin lalu hingga Rabu, 16 orang diantaranya adalah wartawan.

Ketua PWI Kolaka Armin Aryad mengungkapkan rasa syukurnya setelah mengetahui seluruh wartawan yang telah menjalani rapid test pada Rabu (6/5) semua dinyatakan non reaktif atau negatif.

“Alhamdulillah yang saya tahu semua non reaktif atau negatif,” ujar Armin di kantor dinas kesehatan.(p12)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top