Ratusan Istri Gugat Cerai Suami. Ini Alasannya…. – Butonpos
Metro Baubau

Ratusan Istri Gugat Cerai Suami. Ini Alasannya….

Andi Palaloi SH MH

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Angka mengejutkan ditunjukan jumlah gugatan cerai di kantor Pengadilan Agama Kota Baubau. Tercatat ada 445 kasus yang masuk. Gugatan ini lebih didominasi para istri yang menggugat suaminya. Alasannya pun cukup beragam, diantaranya akibat perilaku suami yang suka mabuk-mabukan.

“Tiap tahun gugatan cerai yang masuk ke pengadilan agama Kota Baubau sebanyak 500 gugatan cerai,” kata Andi Palaloi SH MH, saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (11/10/2017).

Dari ratusan gugatan perceraian, lanjut Andi didominasi oleh perempuan yang mengajukan gugatan.

“Kebanyakan cerai gugat yakni yang meminta perempuan untuk bercerai itu yang lebih banyak dibandingkan pria dengan presentase 70 persen perempuan, 30 persen laki-laki,” ujar Andi.

Selanjutnya Andi menerangkan pengadilan Agama Kota Baubau tidak hanya wilayah hukum Kota Baubau saja tetapi juga Kabupaten bombana dan Kabupaten Wakatobi, hingga Oktober telah menerima 445 berkas perceraian.

“Hingga bulan Oktober tahun 2017 gugatan perceraian yang sudah masuk sebanyak 445 berkas perceraian yang sudah masuk di PA Baubau. Perbulannya rata -rata 30 sampi 45 kasus yang masuk,” terang Andi.

Andi mengatakan banyak wanita yang mengajukan perceraian dikarenakan perilaku mabuk-mabukan dan merantau yang menjadi dasar gugatan diajukan ke Pengadilan Agama.

“Ketidak harmonisan, sering bertengkar dan sering terjadi perselisihan terus menerus. kadang laki-laki yang suka mabuk mabukan, tidak memberikan nafkah karena tidak memiliki pekerjaan tetap. Ada juga sekitar 25 persen gugatan cerai karena laki-laki pergi merantau dan tidak pulang-pulang mungkin karena sudah dapat yang baru,” kata Andi. (po3)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top