Rencana BKPSDM Baubau, Tutup Pendaftaran CPNS 26 November – Buton Pos
Metro Baubau

Rencana BKPSDM Baubau, Tutup Pendaftaran CPNS 26 November

BUTONPOS.FAJAR.CO.ID, BAUBAU – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau berencana belum akan menutup tahapan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Minggu (24/11) besok. Pendaftaran secara online kemungkinan dibuka hingga Selasa 26 November 2019 mendatang.

“Rencananya kita buka sampai tanggal 26 November. Jadi, batas pengumpulan berkas fisiknya juga mungkin tiga hari setelah pendaftaran online ditutup,” ungkap Kepala BKPSDM Baubau, Asmaun, dikonfirmasi di ruang kerjanya, Jum’at (22/11).

Pertimbangan sehingga baru akan ditutup 26 November, kata dia, karena pihaknya membuka pendaftaran online pada 13 November. Seyogyanya memang pendaftaran online dibuka selama dua pekan.

“Kecuali kita pendaftaran buka tanggal 11, baru ditutup tanggal 24. Jadi, nanti ada perbaikan jadwal dan diumumkan kembali,” jelas mantan Kepala Bappeda Baubau ini.

Asmaun mengaku belum mengetahui data pasti jumlah pelamar CPNS yang sudah melakukan pendaftaran secara online hingga Jum’at kemarin. “Tapi, saya lihat sekarang ini sudah lagi rame-ramenya,” imbuhnya.

Sekedar diketahui, Pemkot Baubau pada penerimaan CPNS 2019 ini mendapat kuota sebanyak 87 orang, minus tenaga pendidikan. Terdiri dari 54 tenaga kesehatan dan 33 tenaga teknis.

-Pengurusan Dokumen Pendudukan Meningkat

Sementara itu, animo masyarakat terhadap pengurusan dokumen di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Baubau mengalami peningkatan signifikan. Ini terjadi sejak dari dibukanya penerimaan CPNS 2019, 11 November lalu.

“Adanya penerimaan CPNS ini, masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan mengalami peningkatan, utamanya pengurusan pergantian status yang sebelumnya status mereka belum kawin, diganti menjadi kawin di KTP,” ungkap Plt Kepala Disdukcapil, La Ode Muslimin Hibali, saat ditemui awak media beberapa waktu lalu.

Selain itu, sambung dia, aktifitas yang tidak kalah tinggi lagi adalah permintaan pengesahan dokumen kependudukan. “Untuk itu kami stand by dan bagian yang mensahkan dokumen tersebut sudah membuka pintu untuk masyarakat yang datang mengurus,” imbuhnya.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Baubau ini, tingginya jumlah permintaan pengurusan dokumen kependudukan ini diprediksikan akan berlangsung selama pendaftaran CPNS masih terbuka.

“Pengurusan KTP di Baubau perharinya itu rata-rata 50 KTP. Tapi, dengan adanya CPNS ini, jumlahnya meningkat sampai 70 KTP perhari,” katanya.

Untuk itu, Muslimin mengimbau masyarakat agar menjaga KTP elektronik yang sudah dimilikinya tidak sampai hilang. “Memang untuk mengganti KTP elektronik itu gratis. Tetapi, alangkah bermanfaatnya kalau blanko yang ada, kita peruntukkan bagi yang belum mempunyai KTP elektronik,” tandasnya. (exa/p5)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Copyright © 2019 Butonpos

To Top