Ricuh dengan HMI di GJI, Oknum Pol PP jadi Tersangka – Buton Pos
Metro Baubau

Ricuh dengan HMI di GJI, Oknum Pol PP jadi Tersangka

Ilustrasi

BUTONPOS.FAJAR.CO.ID, BAUBAU – Polres menetapkan seorang anggota satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kota Baubau berinisial DC sebagai tersangka penganiayaan terhadap kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Kasus ini bermula dari insiden kericuhan di depan panggung kehormatan lomba Gerak Jalan Indah (GJI) Jln Jenderal Sudirman Kecamatan Wolio, 15 Agustus 2019 lalu.

Kala itu, LM Yazit Salim merupakan seorang barisan kader HMI Cabang Baubau yang mengaku kena bogem mentah. Malam hari pasca kejadian, korban melapor dugaan penganiayaan itu dan teregister dengan nomor: LP/175/VIII/2019/Res Baubau.

“Kita tetapkan satu orang tersangka inisial DC. Dia merupakan PNS di satuan Pol PP,” ungkap Kasat Reskrim Polres Baubau, AKP Ronald Arron Maramis, dikonfirmasi di kantornya, Kamis (7/11).

Dia menjelaskan, penetapan DC sebagai tersangka berdasarkan hasil pemeriksaan tiga orang saksi dan barang bukti video amatir kericuhan di depan panggung kehormatan GJI dalam rangka memperingati HUT RI ke-73. Sebanyak tiga saksi dari kader HMI dan Pol PP dimintai keterangan dalam kasus ini.

“Memang kalau visumnya, korban banyak pukulan. Tapi, video itu hanya dua orang yang terlihat memukul. Satu orang lainnya tidak dapat kami kenali,” ujar perwira tiga balak ini.

Ia menuturkan, selama pemeriksaan, tersangka tidak mengakui perbuatannya. Namun, itu tidak menghambat untuk ditetapkan sebagai tersangka.

“Tersangka dijerat pasal 351 KUHP (Kitab Undang-undang Hukum Pidana) tentang penganiayaan. Ancaman kurungannya paling lama dua tahun,” tegasnya.

Arron mengakui pihaknya tidak menahan tersangka karena kooperatif. “Selain itu ada permintaan dari kantornya agar tidak ditahan,” tandasnya. (exa)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top