RossY Pastikan Baubau jadi Kota Bersih – Buton Pos
Metro Baubau

RossY Pastikan Baubau jadi Kota Bersih

Roslina Rahim dan La Ode Yasin
Roslina Rahim dan La Ode Yasin

BUTONPOS.COM UNTUK mewujudkan Kota Baubau sebagai kota nyaman, sejahtera, dan kota budaya sebagai mana menjadi visi-misi Roslina Rahim dan La Ode Yasin, pasangan yang berakronim RossY ini juga menrencanakan program Baubau Bersih.

Untuk merealisasikan program tersebut, kata Wakil Wali Kota Baubau periode 2018-2023, La Ode Yasin Mazadu, hal pertama yang harus dilakukan adalah menyejahterakan petugas kebersihan. Caranya dengan meningkatkan insentif, pemberian jaminan kesehatan serta pemenuhan kebutuhan vital lainnya.

“Petugas kebersihan merupakan poros utama yang memiliki peran penting dalam menjaga Kota Baubau untuk selalu terlihat bersih. Petugas kebersihan hari ini, belum memperoleh perhatian secara penuh dari pemerintah. Itu dapat dilihat dari beberapa temuan kita seperti proteksi kesehatan, tidak adanya asuransi, sehingga ketika sakit para petugas kebersihan itu harus menanggung sendiri biaya sakitnya,” ungkap mantan Wakil Ketua DPRD Baubau itu.

Padahal, sambung politisi Partai Bulan Bintang (PBB) itu, sebagian besar penyakit yang menyerang tenaga kebersihan akibat resiko dari pekerjaannya karena berurusan dengan sampah atau kotoran tentu di dalamnya terdapat banyak virus penyebab penyakit.

“Sehingga jika kami nantinya terpilih, pertama kami akan memberikan penghargaan kepada para petugas kebersihan dengan bentuk peningkatan insentif. Memberikan jaminan kesehatan, termasuk memperhatikan kesejahteraan seperti perumahan dan kebutuhan lainnya,” akunya.

Selain itu, jelas La Ode Yasin kembali, seharusnya Kota Baubau juga sudah harus berpikir bahwa urusan sampah tidak hanya berkosentarasi di pusat kota. Tetapi kawasan belakang seperti kawasan Kokalukuna, Lealea, Sorawolio, Bungi dan sebagian wilayah betoambari juga harus menjadi prioritas yang perlu diperhatikan.

“Sampai dengan hari ini, masyarakat di kawasan tersebut masih membuang sampah di belakang rumah, sehingga itu bisa berpengaruh negatif pada kesehatan manusianya juga lingkungan. Solusinya satu, harus disiapkan sarana dan fasilitas untuk membuang sampah,” paparnya.

Komponen lain yang juga menjadi pertimbangan untuk bidang kebersihan, jelas La Ode Yasin, adalah sarana transportasi sampah. Menurutnya, ke depan harus ada pengadaan mobil sampah yang presentatif. Mobil sampah harus yang bukan bak terbuka lagi. Sehingga sampah yang sudah diangkut tidak lagi berterbangan di mana-mana.

“Kita sudah mendapat beberapa penghargaan adipura, namun penghargaan itu belum berbanding lurus dengan kondisi riil di lapangan, dimana Kota Baubau di saat-saat tertentu masih semrawut,” imbuhnya. (m2)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top