RossY Punya Cara Jaga Kamtibmas – Buton Pos
Metro Baubau

RossY Punya Cara Jaga Kamtibmas

Roslina Rahim dan La Ode Yasin
Roslina Rahim dan La Ode Yasin

PASANGAN Roslina Rahim dan La Ode Yasin Mazadu tidak hanya memprioritaskan kesejahteraan masyarakat dari sisi ekonomi, kesehatan, dan pendidikannya saja bila terpilih jadi wali kota dan wakil wali kota, tapi juga terkait dengan keamanannya.

Karena itu, masalah keamanan ini masuk dalam 15 program prioritas pasangan yang berakronim RossY itu. Bahkan soal keamanan ini masuk dalam visi misi calon wali kota dan wakil wali kota nomor urut satu itu, yakni menciptakan Kota Baubau menjadi kota nyaman, sejahtera, dan kota budaya.

Roslina Rahim, selaku calon Wali Kota Baubau mengungkapkan, dewasa ini, penyelesaian secara cepat atas persoalan atau gangguan di bidang keamanan, ketentraman, serta ketertiban telah menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat. Rasa aman, yang kemudian melahirkan kenyamanan pada diri seseorang dalam melakukan aktifitas sehari-hari menjadi dambaan masyarakat.

Dia menuturkan, bila ditinjau dari sejarah panjangnya di masa lalu, sebagai bekas pusat Kesultanan Buton, Kota Baubau di dalam menunjukkan dan mengenalkan jati dirinya tidak pernah lepas dari budaya kebutonan sebagai sebuah entitas beradat (koadati) dalam berperilaku.

“Meskipun demikian, heterogenitas asal usul masyarakat di Kota Baubau yang dapat dilihat dari warna kulit, rambut, postur tubuh, bahasa, dan lain-lain bisa saja menjadi aspek sebab terjadinya konflik sosial selain sebagai sebuah kekayaan yang dimiliki daerah ini. Minuman keras (Miras) selalu menjadi sumber awal atau pemicu terjadinya pertikaian antar kelompok itu,” ujar Roslina.

Untuk mengatasi hal-hal tersebut, sambungnya, dibutuhkan suatu solusi pemeliharaan keamanan, ketentraman, dan ketertiban yang berbasis masyarakat. Dimana fokus pelaksanaannya dilakukan melalui strategi dan langkah-langkah seperti mengintensifkan komunikasi sosial di masyarakat dengan menerapkan salah satu kearifan lokal yang telah diwariskan oleh leluhur masyarakat Buton, yaitu Sara Pataanguna (pomaemaeka, pomaamasiaka, popia piara, dan poangka angkataka).

Selain itu, tambah Roslina, perlu menghidupkan dan menggiatkan forum kemitraan di kelurahan dari empat unsur utama, yakni lurah, Babinkamtibmas, Babinsa, tokoh masyarakat atau tokoh agama. Menurutnya forum ini sangat efektif untuk penyelesaian masalah-masalah Kamtibmas.

Dia menguraikan, tugas pokok forum itu nantinya akan melakukan pembinaan masyarakat di kelurahan, mengumpulkan data dan informasi tentang potensi bencana (sosial) terkait ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya, pertahanan dan keamanan. Kemudian melakukan pencegahan dini masalah kecil sebelum menjadi besar.

Cara lain, yang akan dilakukan RossY untuk menjaga keamanan Kota Baubau, yakni memperkuat Siskamling guna meningkatkan ketahanan dan kewaspadaan di tingkat RT/RW, dengan mendahulukan penyelesaian masalah melalui proses musyawarah mufakat.

Termasuk mendorong pelaksanaan aktifitas-aktifitas sosial masyarakat yang berbasis di masjid atau rumah ibadah. Menghidupkan dan menggiatkan forum kemitraan di kecamatan dari empat unsur utama, yakni camat, Kapolsek, Danramil, tokoh masyarakat atau tokoh agama, sebagai forum penyelesaian masalah. (m2)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top