Rustam Sebut Perkara Pers Harus Melalui Dewan Pers – Buton Pos
Metro Baubau

Rustam Sebut Perkara Pers Harus Melalui Dewan Pers

djery lihawa saat menjalani sidang putusan di pengadilan negeri baubau

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Anggota Kelompok Kerja Pengaduan dan Penegakan Etik Dewan Pers, Rustam Fachri Mandayun menyayangkan kasus pencemaran nama baik bupati Buton non aktif, Umar Samiun yang menyeret wartawan sekaligus Pemimpin Redaksi Sultra Satu News, Djery Lihawa harus berujung vonis bersalah oleh hakim Pengadilan Negeri Baubau dengan hukuman percobaan selama enam bulan.

Menurut ahli pers ini, seharusnya majelis hakim mempertimbangkan peran pers dalam menjalankan fungsi kontrol pemerintahan.

“Apa yang dilakukan adalah salah satu bentuk kontrol pers terhadap penguasa,” tuturnya.

Rustam menegaskan, jika ada pelanggaran etika, perkara tersebut tidak serta merta harus digiring ke pengadilan. Tapi harus melalui kajian terlebih dulu di Dewan Pers.

“Kalaupun dalam menjalankan fungsinya ada pelanggaran etika, maka seharusnya masalah ini dibawa ke Dewan Pers. Perkara ini tidak seharusnya sampai ke pengadilan,” tegasnya.

Terlebih, lanjut Rustam, sudah ada MoU antara Dewan Pers dengan Kejaksaan Agung dan Kepolisian RI yang menghimbau agar kasus pers seharusnya diselesaikan lebih dahulu di DP.

“Majelis seharusnya mempertimbangkan untuk menggunakan UU Pers dalam perkara ini,” tegasnya lagi.(rud)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top