SAKIP Award 2019, Buteng Diatas Busel dan Mubar – Buton Pos
Suara Buton Tengah

SAKIP Award 2019, Buteng Diatas Busel dan Mubar

TERIMA SAKIP AWARD: Bupati Buteng H Samahuddin, menerima langsung hasil penilaian SAKIP 2019 Pemkab Buteng dari Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo pada acara SAKIP Award  di Yogyakarta

BUTONPOS.FAJAR.CO.ID, YOGYAKARTA – Hasil evaluasi penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pemerintah provinsi, kabupaten/kota wilayah III Indonesia, Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Pemkab Buteng) mendapat nilai 52,05 atau predikat CC.

Predikat ini masih lebih baik dari dua daerah kembar Buteng lainnya, Kabupaten Buton Selatan (Busel) dan Muna Barat (Mubar) yang berpredikat C.

Bupati Buteng H Samahuddin menerima langsung hasil penilaian SAKIP tersebut dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI, Tjahjo Kumolo, dalam kegiatan bertajuk SAKIP Award di Ballroom Hotel Tentrem Yogyakarta, Senin (24/2/2020).

Pada kesempatan itu, Samahuddin turut didampingi Sekda Buteng H Kostantinus Bukide, Kepala Bappeda LM Syamsuddin Pamone, Kepala Inspektorat La Ode Albakri, dan Kabag Ortala Setda Buteng.

Untuk diketahui, SAKIP adalah sistem akuntabilitas pemerintah, dimana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran, dan sistem pelaporan kinerja yang selaras dengan sistem akuntabilitas keuangan.

SAKIP Award 2020 merupakan salah satu bentuk penghargaan pemerintah pusat terhadap peningkatan kinerja dan manajemen Pemkab Buteng yang berorientasi pada hasil (Outcome).

Bupati Buteng H Samahuddin mengaku, sebagai daerah baru Kabupaten Buteng akan terus berupaya dari tahun ke tahun untuk meningkatkan kinerja dan manajemen SAKIP agar bisa naik ke predikat B dan sampai pada predikat A.

“Tahun 2018 SAKIP kita mendapat penilaian dengan predikat C atau setara dengan nilai 30-50. Alhamdulillah, tahun 2019 kita naik dengan predikat CC atau setara dengan nilai 50-60,” bebernya.

Menurutnya, pencapaian ini merupakan progres yang cukup baik bagi Kabupaten Buteng sebagai daerah otonomi yang baru. “Pemkab Buteng akan terus berupaya untuk melakukan pembenahan yang lebih efisien, efektif, dan terukur melalui sistem aplikasi perencanaan dan penganggaran serta pelaporan. Kedepan, Pemkab Buteng akan menyiapkan diri untuk mendapat predikat B,” pungkas orang nomor satu di Buteng ini.(uzi)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top