Salut, Kedai Kopi Hashtag 92 Angkat Produk Lokal – Buton Pos
Ekobis

Salut, Kedai Kopi Hashtag 92 Angkat Produk Lokal

Salah satu pengunjung yang sedang menikmati Kopi Monimpala

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Wisata kuliner kopi di Kota Baubau terus bertambah. Salah satu yang terbaru ada di Jalan Gajahmada, samping masjid Lamangga, Kelurahan Wajo, Kecamatan Murhum.

Adalah kedai kopi Hashtag 92 milik Rizaldi Nograha.

Yang menarik dari kedai kopi ini, menu kopi yang disuguhkan bukan berasal dari daerah lain, melainkan kopi lokal.

Pemuda berdarah Bugis ini sengaja mengangkat kopi produk lokal yakni kopi Monimpala dari Kabupaten Wakatobi dan Kopi Wakaokili dari Kabupaten Buton.

Tujuannya, Rizal ingin mengangkat produk kopi lokal dan memperkenalkannya kepada semua penikmat kopi yang ada di dalam daerah maupun luar daerah.

Ia juga mengaku, sebelumnya sudah mendapat tawaran untuk menjual kopi dari Aceh dan Toraja.

Rizal menjelaskan, arti Nama Monimpala ini berasal dari daerah Wakatobi, sebuah kabupaten kepulauan eks Kesultanan Buton. Monimpala berarti kangen. Sedangkan nama Wakaokili merupakan salah satu nama daerah penghasil kopi di Kabupaten Buton.

“Banyak produk lokal kita yang berpotensi dan berkualitas dan tidak kalah dengan produk-produk luar, sehingga produk lokal kita wajib bersaing dengan produk luar. Kalau bukan kita yang mengangkat produk lokal kita, siapa lagi,” akunya kepada butonpos.com saat ditemui di kedai kopi miliknya, Minggu (29/01/18).

Komedian yang pernah eksis di TV lokal ini menyebutkan cita rasa dan aroma dari Kopi Monimpala dan Kopi Wakaokili sungguh sangat memikat.

Kopi Monimpala misalnya, dari sisi warna kopi, kopi ini memiliki warna yang berbeda dengan kopi lainnya. Lalu untuk rasa, ketika selesai diminum, ada sensasi dan rasa khas tersendiri jika lidah menyentuh langit-langit mulut.

“Kopi Monimpala dari Wakatobi menjadi menu andalan karena terbukti sudah ada penggemarnya tersendiri ketika datang kesini. Dan kopi ini ada dua menu yakni Monimpala dan Monimpalasu, perbedaannya Monimpala tidak pakai susu sedangkan monimpalasu ada tambahan susu didalamnya,” jelasnya.

Harga dari kopi Monimpala Rp 10 ribu dan Monimpalasu Rp 11 ribu, sama dengan kopi Wakaokili Rp 11-12 ribu pergelasnya. (mo1)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top