Satpol-PP dan Damkar Buteng Akhirnya Miliki Mobil Dalmas – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Satpol-PP dan Damkar Buteng Akhirnya Miliki Mobil Dalmas

BUTONPOS.FAJAR.CO.ID, LABUNGKARI – Akhirnya Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol-PP dan Damkar) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) memiliki mobil operasional Dalmas, setelah terbentuk menjadi salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) 2016 lalu.

Satu unit mobil Dalmas yang masuk pengadaan APBD 2019 ini, diserahkan langsung Bupati Buteng H Samahuddin kepada Plt Kasat Pol-PP dan Damkar Kabupaten Buteng, Jamuri di halaman kantor bupati, Senin sore (4/11/2019).

“Semoga dengan adanya mobil Dalmas ini dapat memperlancar tugas-tugas operasional Satpol-PP dan Damkar di lapangan, serta menjadi motivasi mereka dalam meningkatkan kinerja sebagai penegak Perda,” harap Samahuddin kepada sejumlah media usai penyerahan mobil Dalmas tersebut.

Selain sudah memiliki mobil Dalmas, Satpol-PP dan Damkar Kabupaten Buteng juga sudah disiapkan rancangan mobil tangki menjadi mobil Damkar ditengah keterbatasan anggaran yang ada. “Walaupun mobil tangki bekas, bagaimana caranya bupati berpikir dan merancangnya menjadi mobil Damkar yang bisa dipakai untuk menangani kebakaran,” pungkasnya.

Plt Kasat Pol-PP dan Damkar Kabupaten Buteng, Jamuri mengaku bersyukur pihaknya telah memiliki satu unit mobil Dalmas. Selama ini, bila ada tugas-tugas pengamanan maupun penertiban di lapangan para anggota terpaksa memakai sepeda motor sendiri.

“Alhamdulillah, anggota tidak lagi bersusah payah memakai sepeda motor sendiri turun ke lapangan bila ada demo atau penertiban, karena sekarang kita sudah punya mobil Dalmas yang bisa menampung satu pleton anggota sekali jalan,” tuturnya.

Jamuri membeberkan, mobil Dalmas tersebut merupakan pengadaan yang bersumber dari APBD 2019 sebesar Rp 461 juta. “Mobil Dalmas ini kita akan maksimalkan untuk tugas-tugas operasional pengamanan dan penertiban di lapangan,” tukasnya.

Ia juga berterima kasih kepada bupati telah menyiapkan satu unit mobil Damkar hasil rancangan dari mobil tangki yang tidak terpakai lagi. Alat-alatnya yang rusak diganti dan dibelikan dengan yang baru, hingga bisa berfungsi dengan baik lagi.

Jamuri mengaku, sejak dirinya dipercayakan menjadi Plt Kasat Pol-PP dan Damkar 2018 lalu, dirinya sudah mengajukan proposal ke pusat untuk diberikan bantuan Damkar. Tak hanya itu, ia juga mempersentasikan kondisi wilayah dan kebakaran yang beberapa kali yang sulit dipadamkan karena tidak adanya mobil Damkar.

“Saat itu, Dirjen Damkar berjanji akan memprioritaskan Kabupaten Buteng bila ada bantuan Damkar 2019. Namun, sampai sekarang kita belum mendapatkan bantuan yang dijanjikan itu. Sementara kalau dibeli, harga satu unit Damkar standar nasional mencapai Rp 2 miliar,” tutup Jamuri.(uzi)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top