SDN 2 Wali dan Nusantara Sehat Galang Gerakan Bersih Sampah di Pantai – Buton Pos
Suara Wakatobi

SDN 2 Wali dan Nusantara Sehat Galang Gerakan Bersih Sampah di Pantai

BUTONPOS.COM, BINONGKO – Sebagai bentuk partisipasi dalam kegiatan Jambore Konservasi Wakatobi (Jamkorwa) 2019, siswa-siswi SDN 2 Wali bersama sejumlah anggota Nusantara Sehat dan Pemuda Wali Bersatu (WBS) serta anggota Sentra Penyuluhan Kehutanan Pedesaan (SPKP) Konchu Pathua Wali membuat gerakan bersih pantai di Pantai Yoro.

Sesuai dengan konsep kegiatan Jamkorwa 2019, yakni adopsi sampah, maka gerakan ini difokuskan untuk sampah organik yang sifatnya tidak dapat hancur.

Kepala SDN 2 Wali Hasanuddin SPd, mengatakan, gerakan bersih pantai merupakan salah satu langkah untuk menyadarkan para siswa-siswi sekola dasar tentang bahaya yang ditimbulkan oleh sampah. Selain itu, gerakan bersih pantai ini adalah bentuk partisipasi dari kegiatan Jamkorwa 2019.

“Seluruh siswa-siswi SDN 2 Wali melaksanakan gerakan bersih pantai. Karena keindahan dan kebersihan pantai harus dijaga. Apalagi Pantai Yoro merupakan salah satu tujuan wisata pantai di Pulau Binongko,” kata Hasanuddin usai gerakan bersih pantai di Pantai Yoro, Kecamatan Binongko, Kamis (14/3).

Koordinator Nusantara Sehat, Jannatul Ma’wa mengatakan, merubah perilaku masyarakat untuk peduli lingkungan itu sangat sulit. Untuk itu melalui gerakan ini sangat penting dan luar biasa untuk membina anak-anak tentang bahaya sampah sejak usia dini.

Kata dia, harapannya pemerintah daerah Wakatobi juga harus seirus melihat bahaya sampah termasuk mengadakan bantuan tempat pembuangan sampah untuk masyarakat.

“Gerakan ini sangat luar biasa dan siapa lagi yang menggerakan kegitan gerakan bersih pantai kalau bukan atas kesadaran diri sendiri. Kemudian yang perlu diperbaiki adalah merubah perilaku masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya,” tuturnya.

Jannatul Ma’wa menyebutkan banyak sekali masalah yang ditimbulkan oleh sampah, salah satunya adalah penyakit diare. Sampah juga dapat merusak lingkungan pesisir pantai dan ekosistem laut.

“Harapannya gerakan bersih pantai ini terus dilakukan dan bersimultan. Artinya kegiatan semacam ini berkelanjutan, termasuk memberikan contoh kepada masyarakat juga sebagai nilai edukatif pada siswa tentang peduli menjaga lingkungan sekitar,” ucap Jannatul Ma’wa. (***)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top