Sekretaris Wantimpres Minta Dituliskan Sejarah Kesultanan Buton – Buton Pos
Metro Baubau

Sekretaris Wantimpres Minta Dituliskan Sejarah Kesultanan Buton

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Sekretaris Dewan Pertimbangan Presiden, Mayjen TNI (Purn) I GK Manila tertarik untuk mengabadikan cerita kehebatan Kesultanan Buton. Ia meminta khusus Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse untuk menuliskan sejarahnya.

GK Manila sendiri mengaku sangat mengagumi sejarah Kesultanan Buton. Pendapatan itu dilontarkan setelah mendengar cerita singkat dari Monianse.

“Saya minta sama beliau (Monianse, red) tolong apa yang bapak ceritakan itu ditulis dalam sebuah buku. Nanti yang nyetaknya saya,” ungkap dia saat berkunjung bersama timnya di Kelurahan Palabusa Kecamatan Lealea, Sabtu (16/3).

Dia berharap, buku sejarah Kesultanan Buton itu bisa terealisasi sebelum 2021. “Tentunya Tuhan masih memberikan umur pada saya,” imbuhnya.

Pensiunan militer berpangkat dua bintang ini lantas menyinggung kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Dua kerajaan yang pernah besar namanya itu kini hilang begitu saja.

“Jangan sampai kesultanan disini hilang begitu saja seperti Sriwijaya dan Majapahit. Harus ada nama bangsa yang tinggal disini bisa menuliskan kebesaran dan keagungan kesultanan yang dipuji masyarakat,” katanya.

Bila terealisasi, tandas dia, Buku sejarah Kesultanan Buton ini nanti bisa dipelajari generasi muda bangsa. “Sehingga mereka bangga jadi anak Buton, bangga jadi anak Baubau,” tambahnya.(exa)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top