Selama Operasi Simpatik, 387 Ditegur, Dua Tewas – Butonpos
Suara Muna

Selama Operasi Simpatik, 387 Ditegur, Dua Tewas

Anggota Sat Lantas Polres Muna dalam suasana keakraban memberikan pemahaman kepada pengendara akan pentingnya tertib lalu lintas dalam Operasi Simpatik

BUTONPOS.COM, RAHA – Sepanjang Operasi Simpatik yang direncanakan berakhir hari ini, Rabu (21/3), Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Muna, Sulawesi Tenggara telah menegur 387 pengendara di Kabupaten Muna dan Buton Utara (Butur).

Bukan hanya itu, Sat Lantas juga mencatat satu kasus kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) yang mengakibatkan dua pengendara sepeda motor tewas atau meninggal dunia (MD), satu luka berat dan satu luka ringan dengan kerugian materil mencapai Rp 5 juta.

“Karena ini Ops Simpatik, maka kami tidak melakukan tindakan berupa memberikan surat Bukti Pelanggaran (Tilang). Memang ada yang di tilang, tetapi hanya pada kendaraan yang terlihat secara kasat mata berpotensi menimbulkan kecelakaan,” jelas Kapolres Muna, AKBP Yudith Satriyah melalui Kasat Lantas, AKP Alfin.

Mantan Kasat Lantas Polres Buton itu menerangkan, pihaknya berharap berefek pada meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib lalu lintas. Pengendara secara ikhlas tanpa paksaan segera melengkapi komponen kendaraan, surat-surat dan selalu menggunakan helm standar setiap berkendara. “Harus ditingkat terus, agar kita bisa menjadikan Kabupaten Muna tertib berlalu lintas,” ujar perwira tiga balak ini.

Ia menegaskan, pihaknya tidak akan berhenti pada Ops Simpatik saja untuk menyadarkan pengendara. Korps yang identik dengan surat Tilang itu segera menggelar Operasi Patuh. Operasi lebih tegas ketimbang Ops Simpatik.Dimana, ops tersebut lebih pada penindakan tilang dengan persentase 80 persen penindakan dan 20 persen teguran. “Sebelun Ramadhan (puasa, red) Ops Patuh dimulai,” tandas Alfin mengingatkan. (m2/exa)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top