Sempat Ditolak, Kini Kakek Pasien BPJS Sudah Tertangani – Butonpos
Ragam

Sempat Ditolak, Kini Kakek Pasien BPJS Sudah Tertangani

ketut Sugareng saat dinaikan dikursi roda untuk dibawa ke ruang UGD

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Sempat tidur di tanah beralaskan tikar plastik di bawah pohon di halaman RS Palagimata Baubau kurang lebih 1 jam lamanya karena harus melengkapi dulu surat rujukan dari Faskes Tingkat I. Kini Ketut Sugareng ((85), kakek pemilik kartu BPJS asal Desa Mabulugo, Kecamatan Kapontori, Kabupaten Buton sudah mendapatkan penanganan medis.

Pasien baru ditangani dan dimasukan kedalam ruang UGD, setelah ada sejumlah warga yang mendesak pihak RS. Sementara, pihak UGD mengaku mereka tidak tahu jika ada pasien yang tidur di tanah.

Menurut keterangan pihak RS, melalui Kasi Humas RS Palagimata Baubau, Muhamad Al Arsan Jaya, pasien tersebut bukan ditolak untuk ditangani. Yang terjadi hanyalah miss komunikasi saja. Ceritanya, saat diantar ke RS, keluarga korban langsung ke gedung Poli. Dimana gedung Poli memang diperuntukan buat pasien rawat jalan yang membutuhkan surat rujukan agar bisa ditangani.

Akibatnya, petugas Poli saat itu berpikir jika pasien bersangkutan tidak masuk dalam kategori darurat atau emergency. Sehingga harus melengkapi dulu persyaratan administrasi seperti surat rujukan.

Harusnya, kata Arsan, jika si kakek benar-benar butuh penanganan segera, maka lebih tepatnya melapor ke UGD untuk segera ditangani, tanpa perlu ada surat rujukan.

“Pasien pagi itu keluarganya mendaftar di loket hanya membawa kartu BPJS, sesuai aturan kami, pasien poli itu adalah yang membawa rujukan, jadi bukan ditolak, secara prosedural (melapor ke poli, red), pasien harus membawa surat rujukan terdekat,” terang Arsan.

“Jadi pasien itu juga tidak memberikan informasi yang jelas kepada petugas loket, juga loket pikirnya itu hanya pasien rawat jalan saja, jadi bukan ditolak, hanya diminta kelengkapan administrasi surat rujukannya, ternyata pasien tersebut keadaan fisiknya lemah, yang harusnya langsung masuk ke UGD, tanpa prosedur rujukan lagi,” sambungnya. (rud)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top