Senin Pekan Depan, Bupati Busel dan Buteng Dilantik – Butonpos
Suara Buton Selatan

Senin Pekan Depan, Bupati Busel dan Buteng Dilantik

Agus Feisal Hidayat dan H La Ode Arusani (Agusani)

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Bupati dan wakil bupati terpilih di Buton Tengah (Buten), Buton Selatan (Busel), dan Muna Barat (Mubar) akan dilantik Senin pekan depan (22/5). Pelantikan rencananya akan dilakukan Gubernus Nur Alam di Kantor DPRD Sultra.

Berdasarkan formulir berita Menteri Dalam Negeri nomor 273/2222/SJ, sesuai pasal 164 dan pasal 200a UU No. 10 tahun 2016 telah memuat ketentuan bahwa pelaksanaan pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah secara serentak di ibukota provinsi.

Dalam surat Mendagri tertanggal 10 Mei 2017 itu dikatakan, calon bupati dan wakil bupati terpilih dari kabupaten kota yang akhir masa jabatanya bulan Juli 2016 sampai dengan Mei 2017 dilantik secara serentak pada 22 Mei 2017.

Sesuai dengan keputusan KPU di tiga daerah otonomi baru (DOB) itu, bupati dan wakil bupati terpilih yakni, Buteng Samahuddin-La Ntau (SamaTau. Sementara Busel Agus Feisal Hidayat-La Ode Arusani (Agusani). Sedangkan di Mubar LM Rajiun-Ahmad Lamani (Rahmat).

Terkait pelantikan tersebut, Komisioner KPU Buteng La Ode Anak Agung Raja Ika menuturkan, setelah Samahuddin-La Ntau dilantik sebagai bupati dan wakil bupati Buteng periode 2017-2022 maka sehari setelah itu sudah bisa dilaksanan serah terima jabatan (Sertijab) dengan Pj Bupati Buteng La Ode Ali Akbar.

“Kalau pelantikannya dilaksanakan 22 Mei nanti, maka 23 Mei sudah bisa Sertijab dengan Pj Bupati Buteng saat ini. Pelantikannya sendiri bisa dimana saja, baik itu di pusat, provinsi, atau di Buteng sendiri. Namun, kalau Sertijabnya harus dilakukan di daerah dalam hal ini di Buteng,” terangnya.

Maka itu, pascadilantik SamaTau tidak perlu berlama-lama di Kendari, tapi langsung pulang ke Buteng untuk dilakukan Sertijab dengan pejabat bupati. “Aturannya seperti itu, sehari setelah dilantik sudah harus dilakukan Sertijab di Buteng dan bisa langsung berkantor,” tandasnya.

Maka itu, menjelang pelantikan bupati dan wakil bupati definitif ini, Pemkab Buteng sudah harus melakukan persiapan untuk menggelar acara serah Sertijab dengan Pj Bupati La Ode Ali Akbar.

Informasi yang dihimpun koran ini, Pemkab Buteng sendiri akan menggelar rapat persiapan Sertijab, Rabu (17/5). “Sudah ada penyampaian dari Pak Sekda, setelah acara penilaian lomba desa di Desa Lanto langsung diadakan rapat persiapan serah terima jabatan di aula kantor bupati,” ungkap salah satu Kepala SKPD ditemu di kantor bupati, kemarin.

Prev1 of 2

Click to comment

BERITA POPULER

To Top