SERUUU,, Penantang Tamrin Bermunculan – Buton Pos
Metro Baubau

SERUUU,, Penantang Tamrin Bermunculan

AS TAMRIN

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Perhelatan pemilihan walikota (Pilwali) Baubau yang akan digelar 2018 mendatang akan menguras tenaga AS Tamrin dan Wa Ode Maasra Manarfa. Pasalnya, penantang-penantan tangguh dua incumben yang sudah menyatakan akan maju di Pilwali itu sudah mulai bermunculan.

Sebeut saja H Yusran Fahim, H Zahari, Haryono Hafied, dan Saharuddin. Ditambah lagi sederet nama lain yang juga dikabarkan akan maju memperebutkan kursi 01 di Kota Baubau periode 2018-2023. Diantaranya Roslina Rahim, La Ode Yasin Mazadu, Aris Marwan, Ibrahim Marsella dan Mustari.

Meski belum pernah bertarung di pemilihan kepala daerah, H Yusran cukup ditokohkan di Kota Baubau. Soal pintu partai, Yusran sudah memiliki Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Meski belum ada penetapan resmi, namun Yusran sudah 50 persen untuk menggunakan partai berlambang kakbah itu untuk maju di Pilwali. Karena Yusran saat ini menjadi ketua DPC PPP Kota Baubau.

Saat ini PPP memiliki dua kursi di DPRD Kota Baubau. Artinya Yusran tinggal mencari dukungan tiga kursi untuk maju di Pilwali. Soal dukungan dana, Yusran juga memiliki uang.

Begitu juga H Zahari. Pria yang biasa disapa H Bobi itu memang terbilang baru di kancah perpolitikan. Namun untuk ukuran Kota Baubau Bobi cukup dikenal. Soal pintu, H Bobi sudah memiliki Partai Golkar, karena di sebagai Ketua DPD Golkar Kota Baubau.

Di DPRD Kota Baubau Golkar memiliki satu kursi. Artinya Zahari harus mencali dukungan empat kursi lagi untuk maju di Pilwali. Soal dana, Zahari juga memiliki banyak uang.

Zahari juga mengaku sudah melakukan konsolidasi seluruh kader Golkar Kota Baubau, mulai dari tingkat ranting hingga kepengurusan DPD II. “Saya sudah siap dan optimis untuk calon Pilwali 2018 nanti saya targetkan 01. Sebenarnya dari awal memang para pengurus partai sudah mengusulkan bahwa harus ada satu calon dari Partai Golkar untuk calon di Pilwali 2018,” katanya.

Demikian juga dengan Haryono Hafied. Dengan bermodalkan tiga kursi di DPRD Kota Baubau legislator Partai Demokrat ini akan mengukur kekuatan untuk maju di Pilwali.

“Kalau ditanya siap maju (calon walikota), iya saya siap,” tegas Haryono dengan nada serius ketika diserang pertanyaan oleh awak media di kantor PLN, Senin (13/3).

Untuk menguatkan niatnya, Haryono, selain mencoba menjajaki dukungan partai politik, dia juga akan menghitung elektabilitasnya. Menurutnya, elektabilitas penting untuk mengukur sejauh mana dukungan masyarakat dan menjadi bahan pertimbangan Parpol untuk menentukan figur yang didukung.

“Kita survey dulu, terus survey mengatakan bahwa harus maju, saya terima. Kalau mungkin pak Haryono tidak cocok, kita harus legowo, saya harus terima. Karena ini masalah suka tidak suka, sependapat tidak sependapat, masyarakat yang nilai,” imbuhnya.

Lain halnya dengan Saharuddin. Meski bukan pempinan partai politik, Saharuddin sudah menyatakan siap panaskan Pilwali 2018. Ketua Lembaga Pemantau Penyelenggara Negara RI dan Pemberantas Korupsi se-Sulawesi Tenggara itu menegaskan siap maju di Pilwali 2018 mendatang.

“Insya Allah potensi kedepannya kita siap maju di Pilwali 2018, dan saya maju karena dukungan dari masyarakat. Katanya mereka menginginkan pemimpin yang bersifat nasionalis dan masyarakat, sahabat termasuk keluarga mendorong saya untuk maju dalam Pilwali mendatang. Makanya saya nyatakan saya siap untuk maju dalam Pilwali mendatang,” ungkap Saharuddin saat ditemui butonpos.com di kediamannya, Minggu (11/3).

La Djalli- sapaan akrab Saharuddin pun sudah membuka komunikasi dengan sejumlah Parpol dan angota DPRD Baubau. “Untuk sementara ini dari partai saya sendiri, yaitu Golkar juga sudah mendukung dan saya juga sudah merapat ke beberapa anggota DPRD yang memiliki kursi seperti Nasdem. Makanya keberangkatan saya ke Jakarta untuk membuka pintu. Intinya mereka juga menginginkan pemimpin yang berjiwa nasionalisme,” imbuhnya.

Sementara dua figur lainnya seperti Ibrahim Marsella dan Mustari memang belum menyatakan secara langsung akan maju di Pilwali. Namun banyak kalangan yang menyebut-nyebut nama dua tokoh itu yang akan dijagokan untuk memimpin Kota Baubau. (p20)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!