Sidang MK, Kasra Minta Diskualifikasi Hingga PSU – Butonpos
Hukum

Sidang MK, Kasra Minta Diskualifikasi Hingga PSU

Calon Bupati Bombana Kasra Jaru Munara (kiri) bersama tim kuasa hukumnya membacakan permohonannya di hadapan Majelis Hakim MK, kemarin

BUTONPOS.COM, BOMBANA – Sidang sengketa Pilkada Bombana yang diajukan pasangan calon (Paslon) nomor 1, Kasra Jaru Munara-Man Arfah digelar di Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat (17/3/17).

Sidang tersebut digelar di Ruang Sidang Panel 1 Lantai 2 MK dan dipimpin langsung Ketua MK, Arief Hidayat. Pihak pemohon Paslon Kasra Jaru Munara-Man Arfah menguraikan pokok-pokok permohonan yang sudah diajukan sebelumnya.

Kasra Jaru Munara ketika dikonfirmasi menjelaskan, pokok-pokok gugatan yang diuraikan di hadapan hakim MK itu merupakan pelanggaran Pilkada yang sangat mempengaruhi perolehan suara pada Pilkada Bombana, 15 Februari lalu.

Pokok-pokok gugatan itu antara lain, ada lebih dari seorang memilih lebih dari satu kali di TPS yang sama atau di TPS berbeda. Adanya juga format C6 yang dipakai oleh orang lain, dan itu sudah ada rekomendasi Panwas untuk dilakukan pemungutan suara ulang (PSU), tetapi KPU tidak melaksanakan rekomendasi tersebut.

Kemudian ada juga pembukaan kotak suara tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Sudah ada rekomendasi Panwas untuk PSU, namun KPU juga menolak. Adanya keterlibatan ASN dan aparat desa untuk memenangkan Paslon nomor urut 2. Serta penyerahan kotak suara dari PPK ke KPU yang tidak dilakukan sebagai mana mestinya.

Terlebih lagi adanya money politics yang dilakukan pengurus partai pengusung utama Paslon 2. Sehingga pemohon bermohon kepada MK untuk dilakukan diskualifikasi Paslon No 2 dan atau memerintahkan KPU untuk menggelar PSU di 53 TPS.

Rincian 53 TPS yang dipersoalkan tersebut, yakni TPS 2 Desa Tahi ite kecamatan Rarowatu, TPS 1 Desa Lemo Kecamatan Poleang Tenggara, TPS 1 dan TPS 2 Larete dan/atau TPS 1 dan TPS 2 Desa Marampuka Kecamatan Poleang Tenggara, TPS 1 Desa Lamoare Kecamatan Poleang Tenggara, TPS 1 Desa Hukaea Kecamatan Rarowatu Utara.

Selanjutnya, TPS 2 Desa Lantari Kecamatan Lantari Jaya, TPS 1 Kelurahan Bambaea, Kecamatan Poleang Timur, serta seluruh TPS Kecamatan Poleang Utara yang terdiri dari 21 TPS, dan seluruh Kecamatan Poleang Timur yang terdiri dari 23 TPS.

Dikomfirmasi usai sidang, Calon Bupati Bombana Kasra Jaru Munara mengatakan, Majelis Hakim MK mendengar gugatan pemohon beserta dalil-dalil dan bukti-bukti terkait.

“Alhamdulillah berjalan lancar. Tim kuasa hukum kami ada dua, yakni Hamdan Zoelva dan Partners serta Tim dari Badan Bantuan Hukum dan Advokasi PDI Perjuangan,” tutur Kasra Jaru Munara.

Dikatakan, sidang lanjutan untuk mendengarkan keterangan dari termohon maupun pihak terkait dijadwalkan tagal 22 Maret pukul 09:00 WIB. (p13)

BERITA POPULER

Enter ad code here
Enter ad code here
-DPRD-BAUBAU-HUT-RI-280x300.jpg" alt="" width="280" height="300" class="alignnone size-medium wp-image-212078" />

Copyright © 2016 Butonpos

To Top