Sinkronkan Program Kerja 2020, TP-PKK Buteng Gelar Rakor Bersama PKK Kecamatan – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Sinkronkan Program Kerja 2020, TP-PKK Buteng Gelar Rakor Bersama PKK Kecamatan

RAKOR PKK: Ketua TP-PKK Kabupaten Buteng Hj Jusniar Samahuddin pada acara Rakor bersama PKK Kecamatan.  FOTO: KOMINFO BUTENG

BUTONPOS.FAJAR.CO.ID, BUTON TENGAH – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) menggelar rapat koordinasi (Rakor) dan sinkronisasi program kerja 2020 dengan PKK Kecamatan se Kabupaten Buteng di Gedung Azzahra Lakudo, (25/2/2020).

Rakor tersebut dibuka secara resmi Asisten III Setda Buteng, Asraruddin, mewakili Bupati Buteng H Samahuddin yang masih berada di luar daerah. Tampak sejumlah Kepala OPD dan para camat hadir dalam Rakor TP-PKK bertema “membangun sinergitas PKK untuk mengoptimalkan peran TP-PKK dalam pencapaian 10 program pokok PKK menyongsong Rakerda 2020”.

Ketua TP-PKK Kabupaten Buteng Hj Jusniar Samahuddin, berharap dengan adanya Rakor tersebut dapat tercipta sinergitas antara pemerintah dengan instansi dan lembaga terkait yang ada di Kabupaten Buteng. Sehingga akan menjadikan dasar kebijakan dalam menyusun perencanaan gerakan PKK di kabupaten maupun kecamatan hingga ke tingkat desa dan kelurahan.

“Kegiatan PKK merupakan bagian dari pembangunan nasional yang diselaraskan dengan dinamika pembangunan. Program PKK dilakukan secara berjenjang, hubungan kerja dalam gerakan PKK bersifat konsultatif, koordinatif, sistem perencanaan yang bersifat dari bawah dan juga penerapan 10 program pokok PKK,” jelasnya.

Jusniar menegaskan, dalam pelaksanaan program dan kegiatan PKK secara terpadu, dilaksanakan oleh masing-masing Pokja dengan berpedoman pada 10 program PKK.

Disebutkan, program Pokja I yakni mengelola program penghayatan dan pengamalan pancasila dan program gotong royong. Pokja II, mengelola program pendidikan dan keterampilan serta pengembangan kehidupan berkoperasi. Pokja III, mengelola program pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga. Pokja IV, mengelola program kesehatan, lingkungan hidup, dan perencana sehat.

“Kami percaya, kedepan gerakan PKK akan lebih eksis, maju dan manfaatnya lebih dirasakan oleh masyarakat. Apresiasi saya kepada seluruh pengurus PKK, baik ditingkat kabupaten, kecamatan, maupun di desa dan kelurahan yang telah bekerja dengan ikhlas demi kemajuan Kabupaten Buteng,” tutup Jusniar.

KAGUM: Ketua TP-PKK Kabupaten Buteng Hj Jusniar Samahuddin,mengagumu hasil kerajinan tangan PKK Kecamatan, vas bunga dari bahan plastik. FOTO: KOMINFO BUTENG

Asisten III Setkab Buteng mengucapkan permintaan maaf bupati dan wakil bupati serta Sekda Buteng yang tak bisa hadir pada Rakor PKK tersebut dikarenakan masih ada urusan penting pemerintahan di luar daerah.

Mewakili pimpinan daerah, Asraruddin mengapresiasi kerja PKK selama ini karena perannya dalam memberdayakan dan mensejahterahkan masyarakat begitu besar. “Kita berharap program kerja tahun 2020 ini dapat disusun dengan tepat dan mampu mengakomodir kepentingan anggota dan masyarakat, sekaligus memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Begitu pula dengan peran aktif TP PKK di semua tingkatan, diharapkan mampu menjadi motor penggerak dan dinamisator dari kesatuan gerak PKK, selaku gerakan moral sekaligus aksi pembangunan kemasyarakatan.

Sebelum dilaksanakan Rakor bersama, Ketua`TP PKK Kabupaten Buteng berkesempatan melihat beberapa kerajinan tangan dari anggota PKK Kecamatan yang berbahan dasar plastik dari limbah-limbah plastik yang sudah tidak dimanfaatkan. Kerajinan tangan tersebut berupa vas bunga, tas, dan beberapa kerajinan tangan lainnya.(uzi)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top