Sinyal Balon Independen Lemah – Buton Pos
Metro Baubau

Sinyal Balon Independen Lemah

ilustrasi KTP SEBAGAI SALAH SATU PERSYARATAN CALON INDEPENDEN

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Penyerahan syarat-syarat dukungan bakal calon (Balon) kepala daerah melalui jalur perseorangan dua pekan lagi. Tapi belum ada figur yang memiliki sinyal kuat untuk maju melalui jalur independen itu di Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Baubau, 2018 mendatang.

Menurut Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau, Mamnun Laidu hingga, Rabu (8/11) sudah tiga figur yang konsultasi ke KPU, menanyakan regulasi terkait jalur perseorangan itu. Sejumlah figur tersebut yakni La Ode Ridman, Saharuddin La Djali, dan Roger Samiun.

Dari tiga figur itu, kata Mamnu Laidu, belum ada satupun yang memiliki sinyal kuat untuk maju di Pilwali. Namun begitu, kata dia, ketiganya sudah mendatangi KPU untuk berkonsultasi terkait regulasi pendaftaran menggunakan jalur perseorangan alias independen.

Menurut Mamnun Laidu, Roger Samiun melalui penghubungnya atau LO adalah kandidat terkahir yang sempat berkonsultasi.

“Ada beberapa yang komunikasi, tapi belum ada yang sinyalnya kuat. Kemarin terakhir ada LO dari Pak Roger Samiun datang berkonsultasi metologi pendaftaran calon perseorangan, berapa dukungan dan sebagainya,” ungkap Mamnun di kantor KPU Baubau, Rabu (8/11).

Ia menjelaskan, syarat bakal calon wali kota independen, minimal menyerahkan dukungan berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) masyarakat Kota Baubau sebanyak 11.267 lembar. Dukungan KTP itu harus tersebar minimal di lima kecamatan yang ada di Kota Baubau.

“Cukup KTP dan sebarannya lebih dari setengah jumlah kecamatan di Kota Baubau, memenuhi syarat 11.267 dukungan atau 10 persen dari DPT terakhir kita. Inilah syarat digunakan pada saat pendaftaran,” ujar Divisi SDM dan Parmas KPU Baubau itu.

Kata dia, Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kelurahan akan melakukan verifikasi faktual terhadap KTP dukungan bakal calon itu. Bakal calon yang penuhi syarat, maka bisa mendaftar sebagai pasangan calon (Paslon) bersamaan dengan bakal calon yang menggunakan jalur partai politik.

Prev1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!