Siswa Boleh Pindah Tapi Setahun Kemudian – Buton Pos
Metro Baubau

Siswa Boleh Pindah Tapi Setahun Kemudian

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Sudah menjadi hak setiap siswa setelah menempuh pendidikan di salah satu sekolah dan akhirnya memiliki keinginan untuk pindah ke sekolah lain. Turut mendapat tanggapan dari kepala SMAN 4 Baubau Arif Tasila.

Arif Tasila menjelaskan, sering menjumpai siswanya mendapat rekomendasi dari beberapa sekolah yang ada di Baubau. Kata dia, setelah ada rekomendasi siswanya pindah.

Dikatakan pula, SMAN 4 Baubau diibaratkan tukang servis motor dan setelah motornya bagus baru diambil kembali. Demikian pula siswa yang sudah dibina di SMAN 4 Baubau tiba-tiba ditarik kembali di sekolah lain. Menurutnya, setelah bermasalah di sekolah tersebut baru ditampung di SMAN 4 Baubau.

“Jadi seharusnya pihak pengambil kebijakan ada Kantor Cabang Dinas (KCD) dia harus pikir betul-betul ini. Karena yang paling merasakan dampaknya saya SMAN 4 Baubau dan SMAN 3 Baubau. Rata-rata sih mau kesatu, kedua. Padahal terus terang saja jumlah siswa sudah berkurang,” kata Arif Tasila, saat ditemui di ruangannya.

Ia menambahkan, sudah ada aturan yang dibuat dan sudah diberlakukan tahun ini. Sehingga bila ada siswa yang akan pindah harus setahun kemudian baru bisa dipindahkan. Meskipun begitu, pihak sekolah menyadari bahwa itu sudah menjadi hak setiap siswa berkeinginan pindah. Hanya saja, harus ada kebijakan yang mengaturnya.

“Harus ada kebijakan supaya tidak boleh seperti itu. Khususnya pindah dalam kota, saya sebenarnya sudah menunggu kalau di luar kota saya langsung ambil. Ada siswa kami yang pindah di salah satu sekolah yang saya sebutkan tadi, disana dia tidak naik kelas,” katanya.

Ia menjelaskan, ketika siswa itu pindah ke sekolah yang baru diperkirakan ada biaya yang dikeluarkan. Sementara di SMAN 4 Baubau tidak dipungut biaya bagi siswa pindahan dari sekolah lain bahkan diberikan beasiswa.(m2)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top