SKPD Mubar Susun Program Kerja – Butonpos
Suara Muna

SKPD Mubar Susun Program Kerja

Sekda Mubar menyalami Kepala SKPD se-Muna Barat dalam kegiatan penyusunan program kerja (Proker) tahunan lintas SKPD, kemarin (20/3)

BUTONPOS.COM, MUBAR – Pemerintah Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara mulai menyusun program kerja tahunan lintas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Dalam satu forum resmi, SKPD berembuk bersama yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Mubar, La Ode Muhammad Husein Tali, Senin (20/3).

“Masing-masing SKPD ini saling mendengarkan usulan lintas sektoral. Program kerja mereka harus mendukung visi-misi bupati sesuai dengan kebutuhan daerah,” ungkap Sekda Husein.

Kata dia, usulan program kerja tersebut, hasil musyawarah pembangunan (Musrembang) tingkat desa dan kecamatan. Kemudian, dirumuskan satu kali pada musrembang kabupaten dalam bentuk pertemuan lintas SKPD ini.

“Hasil pertemuan mereka ini dipadukan dengan usulan masyarakat saat musrembang tingkat desa dan kecamatan. Tetapi harus sejalan dengan visi-misi bupati yang dituangkan dalam Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD),” jelasnya.

Pertemuan antar SKPD ini, terang dia, umumnya untuk menyamakan persepsi antara usulan dari masyarakat dan pemerintah. Sebab, belum tentu usulan masyarakat itu akan sama dengan program yang diusulkan Pemkab.

“Program kerja Pemda harus pro rakyat. SKPD ini kan ada sumber dana baik dari pemerintah pusat, maupun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Jadi kebutuhan masyarakat harus bisa dijawab sesuai dengan visi-misi bupati,” pintanya.

Pengganti Achmad Lamani ini mengakui, biasanya para SKPD terkesan tidak serius menyusun visi-misi dalam mendukung program Pemkab. Makanya harus dikawal secara bersama-sama, jika tidak ingin menjadi bulan-bulanan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

“Jelasnya, rangkaian program yang disusun hari ini (Kemarin, red), itu berangkat dari tingkat bawah. Jadi ada peruntukan untuk masyarakat dan juga khsusus pelayanan pemerintah untuk kepentingan daerah,” tandasnya. (p5/exa)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top