Soal Kontroversi Rotasi Sekwan, Wawali Bantah Tuduhan DPRD – Buton Pos
Metro Baubau

Soal Kontroversi Rotasi Sekwan, Wawali Bantah Tuduhan DPRD

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Wakil Wali Kota (Wawali), La Ode Ahmad Monianse membela Wali Kota AS Tamrin soal rotasi jabatan Sekretaris Dewan (Sekwan). Politisi PDIP itu memastikan pergeseran Wa Radja ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain, terlebih dahulu sudah disampaikan ke pimpinan DPRD Baubau.

“Mutasi Sekwan itu sudah sesuai ketentuan, benar-benar dikonsultasikan di KASN dan Kemendagri. Secara administrasi, pemerintah kota juga sudah menyurat ke pimpinan DPRD,” ungkap Monianse dikonfirmasi wartawan, Selasa (19/3).

Ia mengatakan, rotasi jabatan perdana periode kedua AS Tamrin itu, sebenarnya sudah direncanakan sejak beberapa bulan lalu. Namun, karena kesibukan dan urusan mendesak, sehingga wali kota mengulur waktu pelaksanaannya.

“Intinya ini tidak perlu dipolemikkan. Karena pergeseran tidak mungkin dilakukan tanpa persetujuan. Pergeseran pejabat itu merupakan hak perogeratif dari wali kota,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Wa Radja masuk dalam daftar 26 pejabat yang dirotasi pada Senin (18/3). Wa Radja digeser dari jabatan Sekwan menjadi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Rotasi jabatan Sekwan ini kemudian mendapat protes dari DPRD Baubau. Lantaran, Wakil Ketua DPRD Baubau, La Bara sebagai unsur pimpinan merasa tidak mendapat informasi sebelumnya.

Politisi PBB itu berdalih pada tata tertib DPRD pasal 190 ayat (4) bahwa Sekwan diangkat dan diberhentikan dengan keputusan wali kota atas persetujuan pimpinan DPRD setelah berkonsultasi dengan pimpinan fraksi.

“Sampai hari ini saya tidak pernah dikonfirmasi terkait pelantikan itu. Secara kelembagaan, saya sebagai salah satu unsur pimpinan di DPRD sangat kecewa,” kritik La Bara. (exa)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top