Soal Pencemaran Minyak Kelapa SawitN di Busel, Belum Ada Ganti Rugi – Buton Pos
Suara Buton Selatan

Soal Pencemaran Minyak Kelapa SawitN di Busel, Belum Ada Ganti Rugi

BUTONPOS.COM, BUTON SELATAN – Hingga saat ini pencemaran lingkungan akibat tumpahan minyak mentah kelapa sawit atau Crude Palm Oil (CPO) di perairan Kelurahan Majapahit dan Desa Lampainairi belum ada ganti rugi untuk masyarakat yang terkena dampak.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buton Selatan (Busel), Ir La Ode Mpute mengaku, pihaknya sudah menyiapkan dokumen data, fakta dan sampel atas insiden itu.

Kata dia, tim Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) akan ke Busel guna melakukan verifikasi dan validasi dampak pencemaran lingkungan. Hal ini dilakukan untuk menaksir secara ilmiah dan akurat jumlah dampak kerusakan dan pencemaran lingkungan.

Ia membenarkan juga secara kasat mata ditemukan biota laut punah antara lain teripang, lamun, gurita, duri babi dan masih banyak lagi. Matinya sejumlah biota laut di perairan tersebut terkena dampak tumpahan CPO. Ini disebabkan naiknya suhu air laut hingga mencapai 35 derajat celcius.

“Suhu air laut naik dari biasanya hingga menyebabkan biota laut mati dan punah di perairan tersebut,” katanya kepada wartawan.

Ia menjelaskan, bukan hanya ekosistem perairan yang terganggu. Namun masyarakat sekitar ikut terkena dampaknya. Tumpahan CPO mengeluarkan bau menyegat dan menggangu kesehatan masyarakat sekitar. Tercatat ada 16 warga harus dilarikan ke rumah sakit.

Dari sejumlah fakta dan data itu sudah dikantongi diserahkan ke tim Gakum yang dibentuk KLH. “Kita menunggu hasil dari Tim Gakum KLH melakukan verifikasi dan menghitung seberapa besar kerugian yang harus ditanggung oleh pihak perusahaan. Rekomendasi hitung-hitungan kerugian dari Gakum itu yang masih kita tunggu,” tutupnya. (nun)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top