Surat Suara Terpenuhi, Pemilih Disabilitas Terakomodir – Buton Pos
Metro Baubau

Surat Suara Terpenuhi, Pemilih Disabilitas Terakomodir

Dian Anggraini

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Surat suara Pemilihan Wali Kota (Pilwali) 2018 kini sudah tidak ada masalah. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Baubau yang sempat kekurangan 1.874 lembar, kini sudah tercukupi menjadi 106.183 lembar.

“Kita sempat kekurangan, tapi sekarang surat suara Pilwali itu sudah cukup. Jumlahnya sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 103.471 pemilih tambah 2,5 persen,” ungkap Ketua KPU Baubau, Dian Anggraini dikonfirmasi usai Bimtek pemungutan, perhitungan dan rekapitulasi suara di gedung Pancasila, Minggu (10/6) petang.

Kata dia, selain pemilih yang memiliki fisik normal, pihaknya juga mengakomodir kaum disabilitas untuk menyalurkan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 27 Juni nanti. Data pemilih disabilitas itu sudah dikantongi Panitia Pemungutan Suara (PPS) setiap kelurahan.

“Kita sampaikan kepada PPS dalam menentukan titik lokasi TPS itu memperhatikan aksesibilitas teman-teman kaum disabilitas. Artinya memudahkan mereka (disabilitas) untuk ke TPS,” imbuhnya.

Khusus pemilih tuna netra atau buta, tambah Dian, pihaknya sudah menyiapkan alat bantu berupa template. Templet adalah semacam alat baca untuk membantu tuna netra. Selama ini juga kita pakai dari Pemilu ke Pemilu,” pungkasnya.(exa)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top