Tafdil Kukuhkan TP-PKK 2017-2022 – Buton Pos
Suara Bombana

Tafdil Kukuhkan TP-PKK 2017-2022

Suasana pelantikan tp pkk kabupaten bombana periode 2017-2022

BUTONPOS.COM, BOMBANA – Badan Pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bombana, periode 2017-2022 resmi dikukuhkan. Pengukuhan dilakukan di aula kantor bupati Bombana, oleh Bupati Bombana, H Tafdil, Jumat (26/1).

Sedikitnya terdapat 61 anggota pengurus yang ikut dilantik. Dengan struktur komposisi, empat Kelompok Kerja (Pokja). Masing-masing kelompok, memiliki peran yang berbeda-beda, sesuai tupoksi bidang yang sudah ditentukan.

Ketua TP PKK Bombana Ny Hj Andi Nirwana Tafdil mengatakan komposisi anggotanya untuk periode 2017-2022 tidak banyak berubah dengan komposisi yang di pimpinnya pada periode 2011-2016. Hanya terdapat beberapa pergantian, akibat yang bersangkutan telah pindah daerah, serta masuknya beberapa anggota karena keperluan lembaga.

“Pengurus periode yang lalu itu, banyak yang mengukir prestasi. Misalnya saja, ditataran Lomba PKK provinsi, Bombana banyak jadi langganan juara. Misalnya lomba PBHS, lomba Pekarangan serta lomba yang lainnya. Di tataran kinerja internal maupun eksternal atau ke masyarakat, periode lalu cukup membanggakan. Jadi komposisi saat ini banyak yang dipertahankan, serta ada yang masuk akibat keperluan lembaga,” paparnya saat memberi sambutan.

Istri Bupati Bombana itu mengajak pengurusnya untuk selalu menanamkan nilai-nilai dedikasi. Diantaranya pengabdian kepada masyarakat, khususnya aksi sosial.

“PKK itu adalah lembaga mitra pemerintah. Tingkatkan nilai kepedulian kita, sebab banyak masyarakat yang diluar sana, membutuhkan sumbangsih. Entah itu pikiran, tenaga maupun uluran tangan kita. Kita wajib membantunya, khususnya turut serta menyukseskan program-program pemerintah yang tujuannya untuk kemaslahatan warga Bombana,” jelasnya.

Andi Nirwana Tafdil berharap masuknya beberapa anggota pengurus dari berbagai profesi dari elemen masyarakat, dapat mendongkrak kinerja dan etos kerja. Sehingga eksistensi peran lembaga PKK lebih dirasakan lagi oleh masyarakat maupun pemerintah.

“Ada beberapa anggota pengurus yang masuk dalam komposisi 2017-2022 ini. Ada pengacara, ada unsur pendidik, seniman serta profesi lainnya. Semua mempunyai tugas masing-masing. Ada Ibu yang profesinya pengacara misalnya, kedepan kita membidik untuk mengatasi persoalan tindak kekerasan rumah tangga hingga perlindungan anak. Saya pikir, hadirnya profesi ini dapat membantu peran PKK nantinya,” ulasnya.

Alumni Magister Manajemen itu, juga memproklamirkan kepada pemerintah Kabupaten Bombana, bahwa PKK mempunyai pengurus hingga ditingkat dusun maupun lingkungan.

“Ada namanya Dasa wisma. Itu kelompok PKK yang ada ditingkat dusun. Artinya, komposisi PKK itu komplit hingga kepelosok. Jika pemerintah membutuhkan data atau bantuan yang lain terhadap PKK yang tujuannya untuk kemaslahatan umat, kami siap membantu,” jelas Andi Nirwana Tafdil.

Sementara itu Bupati Bombana, H Tafdil
mengapresiasi kinerja para Ibu PKK Bombana.

Bupati dua periode itu tidak menampik bahwa PKK ikut berkontribusi terhadap pembangunan Kabupaten Bombana. Entah itu dari seni dan budaya, soal kebersihan, pendidikan keluarga hingga soal lain berupa pembinaan mental dan akhlak masyarakat.

“Saya cukup mengapresiasi kinerja Ibu PKK kita. Semoga prestasi yang sudah banyak ditorehkan di Bombana dapat dipertahankan, bahkan lebih ditingkatkan lagi,” ujar Tafdil usai melantik.

Dia mengatakan akan melibatkan lembaga PKK, khususnya untuk membantu dalam urusan bantuan sosial kepada masyarakat.

“Saya paham, ibu PKK tahu persis terkait kondisi dan keadaan masyarakat di lingkungannya masing-masing. Ada banyak bantuan program sosial dari pemerintahan kami tahun ini. Mari kita bekerja sama, saling koordinasi agar bantuan itu tepat sasaran. Utamanya bagi warga miskin kita. Kami juga punya program sosial lainnya seperti bidang pertanian, perikanan hingga pemberian modal Usaha. Pemerintah meminta bantuan pada PKK agar turut membantu, khususnya terkait kesadaran sosialisasi hingga pendidikan masyarakat,” pinta Tafdil.

Pelantikan kali ini ikut dimeriahkan sejumlah teatrikal dari ibu PKK. Di antaranya kampanye anti kekerasan terhadap ibu dan anak serta pentingnya prilaku hidup bersih dan sehat (PBHS). (Dar)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top