Tafdil Siap Kucurkan Rp 3 Miliar untuk Mahasiswa – Buton Pos
Suara Bombana

Tafdil Siap Kucurkan Rp 3 Miliar untuk Mahasiswa

TAFDIL

BUTONPOS.COM, BOMBANA – Bupati Bombana H Tafdil memiliki perhatian khusus terhadap generasi muda, khususnya mahasiswa yang sementara menempu pendidikan di Perguruan Tinggi. Perhatian itu dibuktikan dengan kesedian Pemkab menyiapkan anggaran sebesar Rp 3 miliar tiap tahunnya, guna membantu para mahasiswa.

Niat tulus Tafdil itu terbaca ketika memaparkan 7 program unggulannya dalam menahkodai Bombana 2017-2022 mendatang. Program yang dilabeli dengan Tagline Gembira itu, menyodorkan salah satu item dengan nama Program Gembira Cerdas

Program itu menawarkan beasiswa minimal 500 orang bagi putra putri Bombana yang sedang melanjutkan study di perguruan tinggi. “Ini minimalnya ya, artinya bisa saja bertambah nantinya. Tiap semester itu kami sediakan Rp 3 juta untuk 500 mahasiswa,” paparnya.

Bupati dua periode itu menegaskan, mahasiswa merupakan aset daerah atau bangsa yang perlu di suport demi meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) . “Peran sosial mahasiswa itu sangat penting. Tidak hanya bermanfaat untuk dirinya sendiri, tetapi akan memberi multi efek bagi daerah dan lingkungan. Jika sudah menyelesaikan studynya, mereka akan pulang dan menerapkan ilmunya kepada kita,” paparnya.

Tafdil menjelaskan, banyak orang tua terpaksa bersusah payah demi menafkahi atau menyekolahkan anaknya. “Disinilah letak multi efek itu. Di satu sisi kita sedang membantu orang tuanya. Disisi lain, kita menumbuhkan SDM demi generasi muda kita. Kelak ilmunya bisa digunakan untuk kemajuan daerah,” imbuhnya.

Tidak cuma membidik mahasiswa. Tafdil juga akan memberi beasiswa pendidikan bagi anak yang orang tuanya cacat atau meninggal dunia akibat kecelakaan kerja.

“Ada program kami namanya Gembira Kerja. Kami siapkan jaminan besiswa untuk anak yang orang tuanya terjadi kecelakaan kerja. Beasiswanya itu sekitar Rp. 12 juta. Nominal itu diluar dari santunan yang lain. Sebab dalam program Jaminan kecelakaan kerja , kami itu, kami sediakan Rp. 96,6 juta bagi yang meninggal dunia. jika cacat, kami berikan Rp. 111,4 juta,” tukasnya.

Bupati yang dilantik 22 Agustus yang lalu itu mengatakan semua program Gembira yang sudah dicanangkan itu, akan dijalankan tahun 2018 nanti. “Saya kan baru dilantik Agustus lalu. Sisa tahun 2017 ini, kita gunakan untuk penyusunan RPJMD dan persiapan lainnya. Eksennya program nanti 2018,” tutupnya. (dar)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!