Tahap Pertama, Pengelolaan DD di Mubar Dinilai Sukses – Butonpos
Suara Muna

Tahap Pertama, Pengelolaan DD di Mubar Dinilai Sukses

ilustrasi

BUTONPOS.COM, MUBAR – Pengelolaan Dana Desa (DD) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2017 ini, di Kabupaten Muna Barat (Mubar) untuk tahap pertama dinilai sukses. Hingga Oktober ini, realisasi pelaksanaan kegiatan sudah mencapai sekitar 73,40 persen.

Hal itu diungkap Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Mubar, La Ode Tibolo. Saat ini pihaknya juga tengah mengupayakan proses pencairan tahap kedua, jika realisasi pelaksanaan kegiatan tahap pertama sudah mencapai 75 persen.

“Masukan dari KPPN wilayah Raha, sekarang sudah bisa mengusulkan pencairan tahap dua ke kas umum daerah. Dan kami tengah memproses hal itu. Kemungkinan dalam waktu dekat ini sudah cair ke kas daerah,” katanya.

Menurutnya, anggaran yang dicairkan pada tahap pertama sebesar 60 persen. Jadi sisa 40 persen yang dicairkan untuk tahap ke dua ini. Penilaian progres pada tahap pertama ini berdasarkan penilaian tingkat kabupaten. Sebab, kalau dilihat di tingkat desa masih banyak yang belum mencapai target.

“Representasinya 73,40 persen itu penilaian tingkat kabupaten. Kalau di desa sebagian progres kegiatan masih berfariasi, ada yang baru 80 persen, bahkan di bawah itu ada juga. Jika semua desa sudah mencapai target, maka tahap kedua 40 persen sudah bisa dicairkan sebelum mendekati masa akhir tahun,” ujarnya.

Disebutkan, pemanfaatan DD di masing-masing desa lebih fokus pada pengembangan fisik guna menopang pembangunan demi kesejahteraan masyarakat. Selain itu, sebagian anggaran jugadialokasikan untuk program pemberdayaan.

“Sampai sejauh ini belum ada kendala yang kami temukan di desa. Prospek pekerjaan tepat sasaran. Bagi desa-desa yang belum mencapai target dipaksakan harus bisa, karena kalau tidak mencapai target ada sanksi dari segi kebijakan anggaran bagi desa nanti,” tukas mantan Camat Tiworo Tengah itu. (p5)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top