Tahun Ini, 121 Desa di Bombana Kelola Dana Rp 150 Miliar – Buton Pos
Suara Bombana

Tahun Ini, 121 Desa di Bombana Kelola Dana Rp 150 Miliar

hasdin ratta

BUTONPOS.COM, BOMBANA – 121 desa di Kabupaten Bombana akan mengelola anggaran sebesar Rp 150 miliar pada tahun 2018. Nominal tersebut merupakan total dari bantuan dana desa (DD) dan alokasi dana gembira desa.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bombana meminta seluruh kepala desa (Kades) mampu mempertanggungjawabkan dana tersebut sesuai amanah yang diberikan. Penegasan ini dilontarkan Kepala DPMD Bombana, Hasdin Ratta, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/2).

“Anggaran yang masuk ke desa, itu untuk kesejahteraan masyarakat, bukan kesejahteraan Kades. Pemerintah pusat memberikan amanah jadi harus dipertanggungjawabkan. DD itu diberikan untuk memajukan desa dengan tujuan mengurangi kemiskinan. Karena selama dni Desa menjadi parameter kemiskinan, sehingga diupayakan maju dengan program DD,” paparnya.

Mantan Kabag Humas Pemkab Bombana itu juga menjelaskan, pemerintah desa kini mendapat dua bantuan. Pertama DD dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Kedua, dari dana gembira program Bupati Bombana, H Tafdil.

“Totalnya, DD Rp 90,3 miliar dan Dana Gembira Rp 60,9 miliar. Untuk DD Kades mendapatkan Rp 1,3 miliar sampai 1,9 miliar ditambah dana Gembira rata ke seluruh desa masing-masing Rp 500 juta. Jadi kurang lebih satu desa kelola uang hampir Rp 2 miliar,” rincinya.

Sekretaris KONI Bombana tersebut mengaku akan terus melakukan koodirnasi dengan seluruh Kades agar dapat mengelola anggaran dengan baik. DPMD juga telah berkomunikasi dengan dengan pihak penegak hukum, Kejaksaan dan Kepolisian untuk selalu bekerja sama dalam mengawasi penggunaan DD.

“Memang ada beberapa Kades yang tersandung masalah DD karena kekurangan SDM, ketidakpahaman dan lain sebagainya. Dan itu tugas kami sebagai pemerintah daerah untuk terus melakukan pengawasan dan kontrol. Saya juga mengatakan kepada Kades untuk terus berkoodinasi dengan pihak TP4D, agar terhindar dari segala bentuk kesalahan yang dapat terjadi karena meng imbaunyag yang banyak,” tukasnya. (kp)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top