Tahun Ini, Mubar Terima Warga Transmigrasi – Buton Pos
Suara Muna

Tahun Ini, Mubar Terima Warga Transmigrasi

ilustrasi

BUTONPOS.COM, MUBAR – Kabupaten Muna Barat (Mubar) tahun ini menerima warga transmigrasi dari Jawa sebanyak 25 kepala keluarga (KK). Nantinya 25 KK tersebut akan ditempatkan di Desa Momuntu, Kecamatan Tiworo Tengah.

Hal itu diungkap, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Mubar, Pakrun. Kata dia, warga yang akan menempati wilayah transmigrasi itu sebanyak 50 KK. Hanya saja dibagi dua kloter yakni Jawa dan warga lokal.

“Bukan hanya dari Jawa, tetapi juga warga lokal. Nantinya akan dibagi dua, terdiri dari 25 warga Jawa dan 25 warga lokal. Jadi total keseluruhan itu 50 KK,” terangnya.

Terkait penempatan lanjut Pakrun, diperkirakan akhir tahun nanti. Pasalnya, saat ini belum ada bangunan rumah, serta fasilitas lain semacam sumur dan jalanan belum selesai. Nanti sudah rampung semua pembangunan infrastruktur itu baru ada penempatan.

“Proyek pembangunannya masih proses tayang. Insya Allah Juni nanti proyek sudah bisa dikerjakan. Mudah-mudahan Oktober sudah bisa penempatan. Lagipula yang masuk tidak banyak, jadi jumlah bangunan juga tidak banyak, sesuai dengan jumlah penduduk yang masuk,” tuturnya.

Menurutnya, pola transmigrasi yang akan masuk ini merupakan pola nelayan. Jadi lahan yang disediakan hanya lahan pekarangan, serta lahan usaha setengah hektar. Pola keseharian adalah nelayan. Jadi mereka dilaut sebagai sumber kehidupan lain.

“Soal lahan tidak ada masalah. Luas lahan yang disiapkan untuk transmigrasi ini sekitar 40 hektar. Masyarakat lokal yang hibahkan. Mereka menyerahkan lahan 1 hektar, kemudian dibagi dua,” terangnya. (p5)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!