Tahun Ini, Pelataran RSUD Buteng Berbukit Ditata Rapi – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Tahun Ini, Pelataran RSUD Buteng Berbukit Ditata Rapi

BUTONPOS.COM, BUTON TENGAH – Pelataran atau halaman Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) yang masih berbukit akan ditata dengan rapi tahun ini (2019). Hal itu sudah direncanakan Bupati Buteng H samahuddin saat meninjau RSUD tersebut akhir tahun lalu.

Dari pengamatannya tersebut, ia menilai RSUD Buteng dengan sejumlah bangunannya yang ada saat ini belum ditunjang dengan halaman yang bisa menyejukan pandangan pasien yang datang berobat. Padahal, pemandangan yang indah itu merupakan salah satu terapi pengobatan juga.

“Coba lihat saja, ada bangunan yang berdiri di atas perbukitan dan lembah. Sehingga ada halamannya yang miring dan dalam. Kalau begini kondisinya, orang sakit tambah sakit melihatnya,” ujarnya didampingi Dirut RSUD Buteng dr Karyadi dan Bidang Perencana RSUD saat memantau pelataran beberapa bangunan RSUD tersebut.

Menurut mantan kontraktor ini, seharusnya sebelum sejumlah bangunan RSUD itu dibangun 2016 lalu, terlebih dahulu dilakukan pematangan lahan. Lahan yang curam dan dalam ditimbun dan diratakan, sehingga bila bangunannya berdiri akan terlihat sejajar dan rapi.

“Tapi kalau sudah terlanjur seperti ini, terpaksa kita lakukan trap-trap pelataran atau halaman bangunan menyesuaikan dengan kontur lahan yang ada. “Kalau halamannya tidak dalam, kita langsung timbun dan bikinkan hamparan supaya rata,” cetusnya.

Samahuddin kemudian meminta konsultan yang mendampinginya untuk mengukur ketinggian pematangan halaman utama RSUD tersebut dan butuh berapa puluh kubik timbunan bila diratakan. Sementara lahan yang masih membukit dilakukan pengkatingan, agar bisa menyesuaikan dengan lahan yang sudah rata.

“Untuk pematangan lahan RSUD ini, saya sudah porsikan Rp 10 miliar pada APBD 2019 nanti. Kalau misalnya kurang, nanti ditambahkan dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) RSUD sendiri dari pemerintah pusat,” pungkasnya.

Direktur RSUD Kabupaten Buteng dr Karyadi mengaku, pembangunan sejumlah gedung RSUD bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang dianggarkan secara bertahap dimulai 2016 lalu. “Dalam petunjuk DAK-nya tidak disebutkan anggaran untuk pematangan lahan, hanya untuk bangunan saja. Sehingga gedungnya dibangun disesuaikan dengan kontur lahan yang ada,” terangnya.

Namun pihaknya bersyukur, Bupati Buteng mengalokasikan anggaran daerah di 2019 nanti untuk pematangan lahan dan penataan halaman RSUD. Perencanaan pematangan dan penataannya pun bupati sendiri yang konsepkan, sebagai bentuk perhatian terhadap percepatan pengoperasian dan pelayanan di RSUD.(uzi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top