Tak Update Data, 14 Sekolah Gagal Terima Dana BOS – Buton Pos
Suara Sultra

Tak Update Data, 14 Sekolah Gagal Terima Dana BOS

ilustrasi

BUTONPOS.COM, KENDARI — Ratusan siswa dari 14 sekolah di enam kabupaten terpaksa harus gigit jari. Dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang biasa mereka terima setiap triwulan, gagal disalurkan untuk triwulan IV.

Dikutip dari kendaripos.co.id, berkas administrasi yang menjadi kewajiban sekolah tidak dilengkapi hingga batas waktu yang ditentukan berakhir. Pemerintah pun tak bisa mentransfer hak siswa itu karena dianggap tak memenuhi syarat pencairan.

Manager dana BOS Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sultra, La Samahu mengakui 14 sekolah tak terima BOS. Pria berdarah Muna ini mengatakan hingga 30 November lalu, data penerima BOS dari data pokok pendidik (Dapodik) sekolah tidak masuk ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Tidak ada yang masuk sampai batas waktu yang ditentukan. Sekarang ini kan sistem online, masing-masing sekolah punya password sendiri. Itu ditunggu sampai 30 November selasa (5/12) kemarin, tapi tidak diupdate oleh sekolah, jadi tidak bisa kita cairkan,” jelas La Samahu.

Soal penyaluran dana BOS kata dia, seluruhnya sudah masuk ke kas daerah untuk pembayaran triwulan IV. Dikbud Sultra tinggal menunggu rampungnya data penerima yang diprint out sesuai dengan data milik Kemendikbud. “Dananya siap. Bahkan kita kelebihan. Ada dana cadangan Rp 7 miliar tahun ini,” kata La Samahu.

Hanya saja, khusus kasus 14 sekolah itu tidak akan dihitung sebagai kekurangan di triwulan berikutnya. “Ini tidak masuk kategori yang bisa dibayar lewat dana kekurangan. Ini kesalahan sekolah, kalau dana kekurangan ini misalnya penerimaan siswa baru, jumlah siswa yang masuk tidak sama dengan jumlah yang keluar. Sehingga ada selisih, itu bisa masuk hitungan dana kekurangan,” paparnya.

Seluruh sekolah itu adalah SMK swasta. Sementara SMA negeri tak ada masalah. “Ini peringatan tegas bagi SMK swasta. Jangan anggap dana BOS ini tidak ketat,” tukasnya.
Terkait jadwal pencairan, pekan depan sudah dipastikan masuk ke rekening sekolah. “Kita sudah siap salurkan, pertengahan bulan sudah bisa selesai,” pungkas La Samahu. (kp)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!