Tekan Golput di Butur, Relawan Demokrasi Gencar Sosialisasi – Buton Pos
Suara Buton Utara

Tekan Golput di Butur, Relawan Demokrasi Gencar Sosialisasi

BUTONPOS.COM, BUTON UTARA – KPU Kabupaten Buton Utara (Butur) terbantu dengan kehadiran Relawan Demokrasi (Relasi) dalam upaya meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilu 2019 ini.

Pasalnya, saat ini para Relasi terus bergerak melakukan sosialisasi ke masyarakat. Para relawan menyasar para pemilih yang ada di daerah itu, baik pemilih pemula, dewasa, pemilih lanjut usia Warganet dan lain-lain.

Kali ini bertempat di Desa Pebaoa Kecamatan Kulisusu Utara (Kulut), Selasa (19/03). Kehadiran Relawan pun disambut baik masyarakat setempat.

Satu persatu rumah warga di datangi relawan demokrasi, hal itu dengan maksud memberikan pemahaman tentang hak dan kewajiban bagi para pemilih dalam Pemilu tahun ini.

Disamping itu juga dijelaskan pula partai-partai peserta pemilu, tata cara untuk memilih yang benar. Jumlah dan warna kertas surat suara, baik DPRD Kabupaten, DPR Provinsi, DPR RI, DPD RI dan Presiden serta lokasi atau denah pemilih.

Respon dari para pemilih pun cukup baik. Pasalnya sesekali pertanyaan yang dilontarkan warga kepada para relawan terkait tata cara pemilihan.

Satu persatu pertanyaan itu dijawab dengan baik Relawan, serta dapat dimengerti para penanya.

La Ode Zamruddin salah seorang relawan demokrasi mengungkapkan, sosialisasi ini sebagai upaya perpanjangan tangan KPU ke desa-desa dalam hal menyosialisasikan Pemilu 2019 kepada masyarakat.

Hal itu dengan harapan gun meningkatkan tingkat partisipasi pemilih di kalangan masyarakat.

“Kami Relasi terus bergerak demi suksesnya Pemilu 2019 ini Saya pilih Desa Pebaoa karena ini adalah Desa yang jauh dari pusat kecamatan, juga didominasi pemili pemula,” tegas dia.

Dalam sosialisasi kata Alo sapaan akrab Zamruddin masyarakat diberikan pemahaman mengenai berbagai tahapan Pemilu 2019. Mengedukasi masyarakat mengenai besarnya peran mereka dalam menentukan nasib bangsa dan negara lima tahun ke depan.

“Melalui upaya itu kita harapkan bisa menekan golput, dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya saat berlangsungnya pesta demokrasi rakyat itu sesuai dengan target yang ditetapkan. Waktu yang kurang dari 1 bulan lagi ini kita manfaatkan semaksimal mungkin agar partisipasi pemilih nanti bisa bertambah,” tandas Alo. (m7)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top