Terbukti Menjual Sabu-sabu, La Biru Divonis Delapan Tahun – Buton Pos
Metro Baubau

Terbukti Menjual Sabu-sabu, La Biru Divonis Delapan Tahun

ILUSTRASI

BUTONPOS.COM BAUBAU – La Biru, mantan kepala sekoah di Kecamatan Kadatua, Kabupaten Buton Selatan yang terjerat kasus narkoba sedikit bernapas lega. Pasalnya Majelis Hakim Pengadilan Negeri Baubau hanya memvonisnya delapan tahun penjara, kurang dua tahun dari tuntutan jaksa.

Seblumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Baubau telah menuntut La Biru dengan 10 tahun penjara. Menurut JPU, La Biru terbukti menyimpan Sabu-sabu plus mengkonsumsi barang haram tersebut.

Pada sidang majelis hakim yang diketuai Heruddin SH, bersama Luthfi Alzagladi SH dan Achmad Wahyu Utomo SH (anggota) yang digelar Kamis (26/7), La Biru divonis delapan tahun penjara.

Majelis hakim menyatakan La Biru SPd bin La Sangga, terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana tanpa hak atau melawan hukum menjual atau menerima narkotika golongan I dalam bentuk bukan tanaman beratnya melebihi 5 (lima) gram.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama delapan tahun dan denda sebesar satu miliar rupiah, dengan ketentuan apabila pidana denda tersebut tidak dibayar terdakwa, maka diganti dengan pidana penjara selama enam bulan,” ucap majelis hakim saat membacakan putusan.

Majelis hakim juga menetapkan masa penangkapan dan penahanan yang telah dijalani terdakwa dikurangkan seluruhnya dari lamanya pidana yang dijatuhkan. Memerintahkan terdakwa tetap ditahan, dan menetapkan sejumlah barang bukti dirampas untuk dimusnahkan.

Barang buktu yang dimaksu berupa 35 paket bungkusan plastik bening kecil berisikan butiran kristal bening atau Narkotika jenis Sabu-sabu seberat 31,55 gram bersama dengan pembungkusnya namun setelah dilakukan pemeriksaan laboratoris Kriminalistik No. LAB:392/NNF/I/2018 berat netto seluruhnya menjadi 21,9250 gram. Satu buah pembungkus rokok Surya, satu potong pipa besi segi empat, satu lembar baju kaos warna putih, satu buah dompet warna hitam, dan satu lembar kertas putih.

Tidak hanya itu, satu buah HP Nokia milik La Biru berwarna hitam dan uang tunai sebesar Rp 1.000.000, dirampas untuk negara. Sedangkan satu unit sepeda motor Yamaha Vixion warna merah DT 3456 YB dikembalikan kepada La Biru. (p2)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top