Terdakwa Pencurian Divonis 1,5 Tahun – Buton Pos
Hiburan

Terdakwa Pencurian Divonis 1,5 Tahun

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Pengadilan Negeri (PN) Baubau menjatuhkan vonis kepada Taufik alias Upik Bin Arsyad (26) dan Roni Gosal alias Roni Bin Ahmad (23), selama satu tahun enam bulan di ruang sidang PN Baubau, Kamis (24/1).

Majelis hakim PN Baubau yang diketuai oleh Sutaji SH MH, didampingi dua orang hakim anggota Hika D Asril Putra SH dan Muhahir SH, telah memeriksa saksi-saksi dan juga terdakwa sendiri di ruang sidang PN Baubau. Hasil dari pemeriksaan itu, terdakwa dinyatakan terbukti bersalah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana pencurian.

Selama dalam tahap pemeriksaan di persidangan mejelis hakim PN Baubau menyatakan para terdakwa bersalah dan divonis selama satu tahun dan enam bulan penjara. Vonis tersebut lebih ringan dibandingkan tuntutan jaksa. Sebelumnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan negeri (Kejari) Baubau menuntut kedua terdakwa selama lima tahun.

“Mengadili, satu menyatakan terdakwa satu dan terdakwa dua telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana pencurian dengan kekerasan dalam. Menjatuhkan pidana dengan pidana penjara terhadap masing-masing selama satu tahun enam bulan,”kata hakim ketua, di ruang sidang PN Baubau.

Setelah diputus dan mempunyai kekuatan hukum para terdakwa tetap berada dalam tahanan. Adapun barang bukti berupa satu buah hand phone VIVO dan barang bukti lainnya dikembalikan kepada korban. Masing-masing terdakwa dibebani dengan biaya perkara sebesar Rp 2 ribu. Akibatnya terdakwa dikenai pasal 365 KUHP ayat 2 kedua tentang pencurian dengan keadaan memberatkan.

“Barang bukti berupa satu buah handphone warna putih Vivo dikembalikan kepada jaksa penuntut umum untuk dijadikan sebagai barang bukti,” tambahnya.

Perlu diketahui, informasi yang didapat kedua terdakwa diamankan pada waktu yang berbeda yakni pada 3 Oktober 2018 dan 13 September 2018. Berdasarkan KUHAP erdakwa didampingi penasehat hukumnya dari kantor Lembaga Bantuan Hukum dan Mediasi (LBHM) Baubau, pak La Nuhi SH MH dan kawan-kawan.(m2)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top