Terima SK 80 Persen, Oknum CPNS Busel Bandel – Buton Pos
Suara Buton Selatan

Terima SK 80 Persen, Oknum CPNS Busel Bandel

BUTONPOS.COM, BUTON SELATAN – Surat Keputusan (SK) 80 persen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) diserahkan, Senin (13/5). Sayang kegiatan yang berlangsung di halaman Kantor Bupati itu ternodai oleh sejumlah oknum CPNSD.

Mengapa tidak, pada saat Plt Bupati H La Ode Arusani sementara menyampaikan arahan sejumlah oknum CPNSD juga tampak santai duduk di bagian belakang peserta lainya. Padahal Plt Bupati sementara menyampaikan pidatonya di hadapan 410 CPNS yang menerima SK 80 persen.

Pemandangan ini menjadi awal bekerja profesionalisme mengabdi kepada negara dan masyarakat perlu dipertanyakan. Oknum CPNS itu menerima SK 80 persen sebagai abdi negara di lingkup Pemkab Busel.

Diduga sejumlah oknum CPNS itu tak mendapatkan jatah kursi yang disediakan panitia. Pasalnya sebagian peserta duduk. Sebagianya lagi ada yang berdiri.

Sementara diantara oknum lainya ada yang duduk tepat bersandar di pagar kantor bupati sambil memainkan handpone gagetnya. Ada juga tampak bercakap-cakap.

Dalam pidato arahanya La Ode Arusani mengatakan, kepada para CPNSD agar meningkatkan pengetahuan, wawasan, kepribadian, dan etika selaku PNS yang harus melekat pada diri mereka. “Karena suatu keberhasilan sangat tergantung pada kemauan dan kemampuan saudara untuk mengoptimalkan tugas yang diberikan,” katanya.

Ia mengakui kenyataan menunjukan sampai saat ini profesi sebagai PNS tetap menjadi pilihan utama bagi sebagian besar masyarakat.

Arusani mengingatkan perdikat CPNSD merupakan masa percobaan yang harus dilalui selama satu tahun. Bagi yang lolos diangkat menjadi PNS.

Kata dia, para CPSND sudah menandatangani surat pernyataan bersedia tidak mengajukan pindah daerah lain selama 15 tahun. Dan bersedia mengabdi serta melaksanakan tugas di Pemkab Busel.

Ia menegaskan apabila ada yang mengudurkan diri atau pindah ke daerah lain, maka bersedia diberhentikan sebagai PNS.

Arusani berpesan para CPNS untuk memiliki komitmen dan moralitas serta tanggung jawab profesi sebagai CPNS. Disiplin dan etos kerja yang tinggi. Memahami posisi, peran, tugas, fungsi dan kewenangan instansi. Memiliki pengetahuan dan wawsan serta mampu bekerja sama dalam tugas selaku aparatur pemerintah. “Hindari perilaku melanggara disiplin dan kode etik PNS,” ujarnya.

Ketua DPD PDIP ini berharap agar seluruh CPNS meskipun sebagian besar berdomisili di luar Kabupaten Busel diharapkan dapat aktif menjalankan tugas dan disiplin waktu bekerja mengabdi.

“Jangan kalian terima gaji di Kabupaten Buton Selatan belanjanya makan dan minumnya di luar Buton Selatan. Buang hajatnya di Busel. Yang didapat Busel hanya hajat dari saudara-saudari. Karena itu mari menggerakan perekonomian Busel,” harapnya. (aga)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top