Tiga Puteri Cilik Buteng Wakili Sultra pada Lomba Puteri Bunga dan Tenun Nasional – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Tiga Puteri Cilik Buteng Wakili Sultra pada Lomba Puteri Bunga dan Tenun Nasional

BUTONPOS.FAJAR.CO.ID, KENDARI – Tiga puteri cilik asal Kabupaten Buton Tengah (Buteng), berhasil meraih Juara I pada pemilihan Puteri Bunga dan Puteri Tenun Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) 2019. Kegiatan yang diselenggarakan Yayasan Argadia Sultra itu, digelar di salah satu hotel ternama di Kota Kendari, Minggu (1/12/2019).

Dalam lomba yang digelar setiap tahunnya ini, Yayasan Argadia membaginya dalam tiga kelompok pemilihan, yakni pemilihan Puteri Citra, Puteri Tenun, dan Puteri Bunga. Masing-masing pemilihan, dibagi dalam beberapa kategori kelompok usia.

Dari tiga kelompok pemilihan tersebut, puteri-puteri yang diutus Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buteng, berjaya di kelompok pemilihan Puteri Tenun dan Puteri Bunga Kategori Cilik dengan meraih Juara I. Sementara kelompok pemilihan Puteri Citra, hanya meraih juara favorit dan puteri intelegensia.

Tiga puteri cilik Buteng yang meraih Juara I, yakni Ratu Alya Humaira (Puteri Bunga Kategori Cilik B), Gaitsya Mahariza (Puteri Tenun Kategori Cilik A), dan Ranan Oi (Puteri Tenun Kategori Cilik B). Ketiganya akan mewakili Sultra pada lomba yang sama ke tingkat nasional di Jakarta, 12 Desember 2019.

Puteri-puteri Buteng lainnya, seperti Maurintina S meraih Juara III pada pemilihan Puteri Tenun Kategori Remaja dan Juara Puteri Intelegensia pada pemilihan Puteri Citra Kategori Remaja. Begitu juga dengan Cindi Yap, meraih Juara II pada pemilihan Puteri Tenun Kategori Pra Remaja. Sementara, Gaitsya Mahariza kembali mendapat Juara Favorit pada pemilihan Puteri Citra Kategori Cilik A.

Maurintina S

Plt Kadis Pariwisata Kabupaten Buteng, Safrin, mengaku bersyukur atas perolehan Juara I tiga puteri cilik yang diutus pihaknya dan akan mewakili Sultra ke tingkat nasional, Desember ini. Begitu juga dengan puteri lainnya, sangat membanggakan meraih Juara Favorit dan Puteri Intelegensia.

“Juara Favorit dan Puteri Intelegensia ini tetap diberi ruang untuk tampil ke tingkat nasional. Hanya saja, Yayasan Argadia hanya membiayai Juara I dari kategori remaja, pra remaja, dan cilik. Diluar itu, silahkan ikut tapi fasilitasi sendiri. Kita juga siap membantu untuk bisa ikut ke pusat itu, tapi tidak semua karena menyesuaikan dengan anggaran yang ada,” tutur Safrin.

Ia berharap puteri-puteri Buteng yang akan mengikuti pemilihan di tingkat nasional nanti, mampu bersaing dengan peserta dari daerah-daerah lainnya. “Mudah-mudahan mereka bisa juara, sehingga bisa mengharunkan nama daerah Sultra dan Buteng di tingkat nasional,” harap Safrin.(uzi)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Copyright © 2019 Butonpos

To Top