Tim Implementasi Dibentuk, KEK di Buton Dianggarkan Rp 25 Triliun – Buton Pos
Suara Buton

Tim Implementasi Dibentuk, KEK di Buton Dianggarkan Rp 25 Triliun

BUTONPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Progres pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Buton terus mengalami kemajuan. Pada rapat yang digelar di Kantor Kemenko Maritim RI, Jakarta, Jumat (21/2) merekomendasikan dalam waktu dekat akan membentuk Tim Implementasi.

Tim Implementasi yang beranggotakan pejabat dari Kemenkomar, Pemprov Sultra dan Pemkab Buton akan merealisasikan pembangunan KEK di Kecamatan Lasalimu dengan dua Teknopark dengan jangka waktu lima tahun. Dua Teknopark yakni Industri berbasis Aspal lawele dan Perikanan di Kamaru.

“Ini merupakan hasil rapat tindak lanjut pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus aspal di Kemenko Maritim hari Jumat tanggal 21 Pebruari 2020.
Hadir dalam acara itu, Staf Khusus Menkomar, Asisten Deputi Bidang Sumberdaya Alam, para pemilik IUP dan mitra usaha seperti PT Wijaya Karya,” kata Bupati Buton, La Bakry pada koran ini, kemarin.

Menurut La Bakry, dana investasi dari pembangunan KEK di Kecamatan Lasalimu itu sangat besar, yakni Rp 25 triliun. Dana itu berasal dari investor swasta.

“Penjelasan dari staf khusus tadi, dibiayai oleh investor. Teknopark ini seperti yang dijelaskan staf khusus tadi, konsepnya suatu kawasan terpadu yang menggabungkan dunia industri, perguruan tinggi, pusat riset dan pelatihan, kewirausahaan, perbankan, pemerintah pusat dan daerah dalam satu lokasi yang memungkinkan aliran informasi dan teknologi secara lebih efisien dan cepat,” ungkap pasangan Iis Elianti ini.

Dikatakan, jika terealisasi KEK, maka kesejahteraan akan dirasakan masyarakat. Karena banyak merektrut tenaga kerja, sehingga pengangguran akan berkurang drastis. Juga perputaran ekonomi akan bergerak dengan cepat.

“Harapan saya adalah rencana pembangunan dua teknopark ini membutuhkan dukungan masyarakat, agar bisa segera terealisasi untuk menyerap tenaga kerja dan tentu ekonomi kawasan Kepton (Kepulauan Buton) akan terangkat yang bermuara pada meningkatnya kesejahteraan rakyat,” pungkasnya.

Sehari sebelumnya, Kamis (20/2), La Bakry juga menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi di Jakarta. Rakornas yang diselenggarakan Badan Koordinasi Penanaman Modal RI dengan mengusung tema “Peningkatan Investasi bagi Indonesia Maju”.

Rakornas yang dibuka langsung Presiden RI, Joko Widodo tersebut dihadiri sejumlah menteri, Kapolri, Jaksa Agung, pejabat pemerintah pusat, gubernur, wali kota, sekretaris daerah, serta kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) seluruh provinsi dan kabupaten/kota.

Prev1 of 2



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top