Tim Penilai Toga dan Akupresur di Desa Kaongkeongkea Disambut Tari Mangaru. Ini Videonya.. – Butonpos
DESA BUTON

Tim Penilai Toga dan Akupresur di Desa Kaongkeongkea Disambut Tari Mangaru. Ini Videonya..

hazirudin

BUTONPOS.COM, KAONGKEONGKEA – Masyarakat Desa Kaongkeongkea, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, menyambut tim penilai toga dan akupresur dengan tarian tradisional, Tari Mangaru.

Atraksi Tari Mangaru ini terdiri dari dua pria menggunakan baju adat Buton yang dilengkapi sebilah badik untuk masing-masing penari.

Selama atraksi, keduanya sesekali mencoba menyerang satu sama lain, namun tidak sampai melukai atau dalam posisi aman.

Tari ini memang sudah menjadi ritual masyarakat Buton, manakala ada tamu penting bertandang di Buton.

Kades Kaongkeongkea, Hazirudin SP, mengatakan, setelah penyambutan dilanjutkan dengan penilaian sisi pembinaan mulai tingkat desa sampai kabupaten dengan menilai kelompok binaan toga dan akupresur. Kedua kelompok binaan ini masing-masing sebanyak 12 orang.

“Setelah penyambutan, penilaian daei pertama sisi pembinaan dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten, dengan menilai kelompok-kelompok binaan toga dan akupresur,” beber Hazirudin SP kepada butonpos.com diruang kerjanya, Jumat (29/9/17).

Ia menambahkan, setelah penilaian pembinaan dilanjutkan dengan wawancara, mulai dari Asisten III Sekda Buton, Makmur, Camat Pasarwajo, dan Kades Kaongkeongkea. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan lapangan.

“Ada wawancara asisten III Sekda, Makmur, wawancara Camat Pasarwajo, Kades Kaongkeongkea. Setelah wawancara, tinjau lapangan sebanyak tiga titik, untuk akupresur langsung praktek ditempat,” pungkasnya.

Hazirudin mengharapkan, selain ingin menyabet juara pertama pada lomba pemanfaatan hoga dan akupresur 2017 ini, lebih pentingnya mendapatkan petunjuk serta arahan terkait pengunaan dan cara ramuannya. (po4)

INI VIDEONYA…

Click to comment

BERITA POPULER

To Top